Home / Buletin Militer / ACARA PUNCAK HARI IBU KE 85 DIGELAR DI KOREM 091/ASN

ACARA PUNCAK HARI IBU KE 85 DIGELAR DI KOREM 091/ASN

Samarinda (23/12). Acara puncak  kegiatan  memperingati Hari Ibu Ke- 85 tahun 2013 tingkat Provinsi Kaltim dilaksanakan di Aula Manunggal Korem 091/ASN Jl. Gajah Mada, pada Senin (23/12).

Acara puncak kali ini digelar setelah menuntaskan serangkaian kegiatan, seperti gerak jalan santai, bazaar, lomba mendongen, lomba menghias tumpeng, lomba membuat bekal anak, anjangsana kepanti jompo Tresna Werdha dan memberikan santunan berupa sembako serta uang tunai dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, untuk kegiatan lomba pemenangnya langsung diumumkan pada acara puncak. Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Ibu ke 85 tahun 2013 “Peran perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan Demokerasi yang partisipasif dan pembangunan yang inklusif”.

Ketua Darma Pertiwi Koordinasi Cabang Samarinda Daerah F Ny. Mien Nono Suharsono selaku Ketua panitia Hari Ibu ke 85 tahun 2013 tingkat Provinsi Kaltim dalam menyampaikan laporannya bahwa kegiatan yang diawali pada tanggal 10 Desember 2013 dilaksanakan rapat panitia di ruang Yudha Makorem 091/ASN, tanggal 12 kegiatan seminar dengan tema “Mewujudkan Generasi dengan cerdas dan bermartabat dalam rangka kesetaraan pembangunan Kaltim berkelanjutan” di ruang Serbaguna Badan Kesbangpol Prov. Kaltim Samarinda, kemudian pada tanggal 15 gerak jalan dan Bazaar di Polresta Samarinda, tanggal 20 s/d 21 lomba mendongeng katagori guru dan umum, lomba mengiasi tumpeng, dan lomba membuat bekal anak, tanggal 21 melaksanakan Ziarah, anjang sana dan ke Panti Jompo Tresna Werdha dan memberikan santunan berupa sembako, uang tunai kepada kakek dan nenek serta pengurus panti jompo, dan pada tanggal 23 Desember 2013 dilaksanakan acara puncak peringatan hari Ibu ke 85 di Aula Manunggal Makorem 091/ASN dan tanggal 30 direncanakan pelatihan menjahit kepada ibu-ibu di lapas Samarinda.

Sementara itu Sambutan dari Gubernur kaltim Dr. H. Awang Faroek diwakili oleh Asisten III H Bere Ali mengatakan Selamat Hari Ibu untuk ibu tercinta, namun banyak yang tidak mengetahui sejarah dari hari ibu itu sendiri. Mereka lebih banyak memandang Hari Ibu merupakan hari ucapan kasih sayang namun ternyata maknanya lebih dari itu. Kaltim hingga saat ini terus mendorong kaum perempuan dalam meraih prestasi terbaik bagi daerah. Apalagi, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mendukung kaum perempuan untuk berkreativitas.,” kata Awang Faroek.

Kaum perempuan di Kaltim, kini banyak berbakti pada pembangunan di daerah. Bahkan, kaum perempuan juga ada  yang menjabat di partai politik, intansi vertikal di daerah, baik Polri dan TNI.Menurut dia, kaum perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Karena itu, sesuai arahan Presiden, kaum perempuan dapat berperan dalam pembangunan di daerah.

Puncak Acara peringatan Hari Ibu ke 85 tahun 2013  di Korem 091/ASN kali ini cukup meriah, diawali Sambutan-Sambutan dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Ketua Darma Pertiwi Koordinasi Cabang Samarinda Daerah F Ny. Mien Nono Suharsonodi dampingi Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono yang diserahkan kepada sesupuh wanita Prov. Kaltim Hj Suwinah Alwiselanjutnya Asisten III Prov. Kaltim H Bere Ali juga menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Darma Pertiwi Koordinasi Cabang Samarinda Daerah F Ny. Mien Nono Suharsono.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa penampilan tari-tarian baik dari ibu-ibu Persit maupun ibu-ibu Darma Pertiwi. Dan yang paling menarik dan ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta acara adalah pengundian hadian doorprize dengan hadiah utama Sepeda Gunung disamping ratusan lebih hadiah barang perlengkapan rumah tangga, seperti lemari es, kipas angin, kompor gas dan hadiah lainnya. (Penrem 091/ASN).