Home / Buletin Militer / ANTISIPASI TERJADINYA KONFLIK KOMUNAL DI KALIMANTAN TIMUR

ANTISIPASI TERJADINYA KONFLIK KOMUNAL DI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda (23/09) Hal tersebut disampaikan Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky W. Usman, SIp, MSi pada Upacara Pembukaan Latihan Posko – I Korem 091/ASN di Lapangan Upacara  Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada No. 11 Samarindahari Senin Tanggal 23September 2013 yang dihadiri Unsur FKPD Propinsi Kalimantan Timur.

Undangan yang hadir pada Upacara Pembukaan yang dikomandani oleh Kasiops Korem 091/ASN Letkol Inf Waston Purba tersebut diantaranya; Pejabat Sementara Ketua DPRD Prov. Kaltim M. Syahrun, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Drs. Antonius Wisnu Sutirta,  Kepala Dinas Pertanian Prov Kaltim, Direktur Bank Indonesia dan sejumlah tokoh masyarakat Kaltim. Sedangkan tim pengawas, pengendali dan penilai mulai dari Danrindam VI/Mulawarman Kolonel Inf Awal Nur, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Suharjono, Dan Brigif 24/BC, Staf Ahli Pangdam VI/Mlw daqn sejumlah Asisten Kasdam VI/Mlw juga tampak duduk dibarisan kursi undangan.

Selaku Penanggungjawab Latihan dan Inspektur Upacara Pembukaan latihan, Panglima dalam amanat tertulisnya mengatakanLatihan Posko – I merupakan salah satu metode latihan taktis dengan tujuan melatih unsur Komandan dan Staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di Satuannya, baik operasi dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan ini lanjut Pangdam, sangat bernilai strategis jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Korem 091/ASN sebagai Komando Kewilayahan di daerah yang secara fungsional bertanggung jawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut, sangat diperlukan kinerja yang profesional dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat terselenggara dengan  baik.

Di akhir amanatnya, Pangdam juga mengingatkan bahwa tugas-tugas TNI khususnya Angkatan Darat lebih diwarnai oleh tugas-tugas melaksanakan OMSP antara lain mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, memberdayakan wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, dan membatu tugas pemerintah di daerah, didalam menanggulangi bencana alam yang terjadi baik berupa pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan  serta memberikan bantuan kepada Polri dalam rangka membantu mengatasi terjadinya konflik komunal di wilayah.

Usai Upacara, secara terpisah Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi mengatakan bahwa latihan Posko I Korem 091/ASN ini akan berlangsung selama 3 hari dengan tema “Korem 091/ASN Melaksanakan Tugas Operasi Bantuan TNI Kepada Pemda Povinsi Kalimantan Timur Dalam Rangka Membantu Mengatasi Konflik Komunal di Wilayah”. (Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: