Home / Buletin Militer / ASTER PANGLIMA TNI : GENERASI MUDA HARUS MEMILIKI KARAKTER DAN NASIONALISME YANG KUAT

ASTER PANGLIMA TNI : GENERASI MUDA HARUS MEMILIKI KARAKTER DAN NASIONALISME YANG KUAT

Samarinda, Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugihartha G SH didampingi Danrem 091/Aji Suryanata Kesuma Brigjen TNI Nono Suharsono melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI bersama komponen masyarakat guna menjaga pertahanan negara serta memupuk rasa nasionalisme yang kuat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, pada Jum’at (7/11).

Kegiatan tersebut mengambil tema, “Melalui Komsos TNI  Kita Jalin Hubungan Silaturrahmi Antara TNI Dengan elemen Masyarakat Dalam Rangka Membangun Karakter Bangsa Guna Memperkuat Ketahanan Wilayah”.

Sekira 1.000 orang komponen masyarakat hadir pada kegiatan ini, diantaranya Wakil Gubernur Kaltim H.M. Mukmin Faisyal.HP, Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Andi Suyutianggota Korem 091/ASN, Kodim 0901/Samarinda, Yonif 611/Awang Long, Balak Korem 091/ASN Samarinda, Aparat Pemrov Kaltim, aparat Pemkot Samarinda, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Persit Kartika Chandra Kirana, Dharma Wanita, LVRI, Purn TNI/Polri, FKPPI, PPM, Mahasiswa, Pelajar SD, SMP, SMA dan para Santri Pondok Pesantren.

Danrem 091/Aji Suryanata Kesuma Brigjen TNI Nono Suharsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ceramah Komunikasi Sosial TNI ini merupakan wadah bagi kita untuk berinteraksi secara harmonis saling memberi dan menerima pendapat serta ide-ide positif yang membangun sehingga timbul saling pengertian tentang peran dan tugas, fungsi masing-masing.Melalui Komsos ini pula diharapkan dapat mencapai kesamaan pemahaman serta menghasilkan berbagai pemikiran cemerlang, sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah.

Besar harapan saya, kiranya seluruh peserta yang hadir di ruangan ini dapat mendengarkan dan menyimak dengan seksama ceramah yang disampaikan oleh Aster Panglima TNI, sehingga dari sini akan tercipta kesamaan visi, persepsi dan solusi terbaik guna ketahanan wilayah yang optimal. Pesannya.

Pada kesempatan tersebut Aster Panglima TNI menegaskan, bahwa semua Komponen Masyarakat mempunyai peranan penting dalam menjaga Pertahanan Negara, sehingga perlu membangun karakter masyarakat yang sesuai dengan keperibadian Bangsa, agar memiliki karakter dan Nasionalisme yang kuat. TNI Angkatan Darat sebagai bagian dari TNI memiliki tugas Pokok menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara di wilayah daratan.

Sebagai pemateri terakhir Kolonel Kav Agus Suharto, S.IP, MM telah menjelaskan secara panjang lebar dan mendalam tentang membangun karakter, jati diri dan kepribadian bangsa/masyarakat. Penjelasan tentang ancaman pengaruh Globalisasi yang disertai contoh-contoh perilaku menyimpang yang mengerikan dan memperihatinkan dipaparkan dalam bentuk gambar, foto maupun video, sempat membuat audience terkejut, terpanah dan sedih sesaat. Sehingga diharapkan semua elemen bangsa segera menyadari betapa berbahayanya membiarkan fakta bahwa banyak anak-anak kita yang kehilangan karakternya sehingga negeri ini telah kehilangan jati dirinya.

Untuk itu, Kolonel Agus berharap kita semua menyadari, mulai dari diri sendiri, orang tua, sekolah dan masyarakat secara bersama-sama, bekerjasama membangun karakter individu anak bangsa. Peran orang tua sangat dominan dan menentukan dalam menanamkan dasar pembentukan karakter anak. Jadi peran pemerintah, masyarakat, lembaga pendidikan dan orang tua harus secara terus menerus melakukan proses perubahan dan perbaikan dalam membangun karakter individu anak bangsa, jika ingin bangsa ini selamat dari kehancuran.

Aster Panglima TNI juga menyempatkan diri mengadakan dialog dan tanya jawab dengan perwakilan pelajar dan mahasiswa serta tidak lupa memberikan hadiah/souvenir bagi pelajar dan mahasiswa yang tempat duduknya terdapat nomor keberuntungan sebagai pemacu semangat belajar. (Penrem 091/ASN).

%d blogger menyukai ini: