Home / Buletin Militer / BABINSA 0901-05/PALARAN PENGUKURAN HASIL PANEN SECARA UBINAN

BABINSA 0901-05/PALARAN PENGUKURAN HASIL PANEN SECARA UBINAN

Samarinda. Wakil Danramil 0901-05/Palaran Lettu Inf Selamet Widodo dan Babinsa melaksanakan teknik pengukuran hasil panen secara Ubinan di lahan bapak Ramli Kel. Bantuas, Jum’at 19 Pebruari 2016.

Teknik ini adalah salah satu cara untuk menghitung perkiraan produksi atau hasil panen adalah melalui panen ubinan. Panen ubinan dibuat agar dapat mewakili hasil hamparan.

Langkah-langkah yang diambil adalah pilih pertanaman yang seragam dan dapat mewakili penampilan hamparan, baik dalam segi pertumbuhan, kepadatan tanaman, maupun kondisi pertanaman, luas ubinan perlu ditetapkan dan disesuaikan dengan jarak tanan yang digunakan, batas ubinan harus ditetapkan berada pada jarak antar tanaman (ruang kosong), gunakan minimal dua set jajar legowo yang berdekatan atau dinyatakan sebagai lebar ubinan (l) dan panjang baris tanaman legowo atau dinyatakan sebagai panjang ubinan (p), luas ubinan = Panjang Ubinan (p) x Lebar Ubinan (l) dan dengan ketentuan bahwa Luas ubinan ≥ 10 m², untuk mendapatkan data yang akurat lakukan pengambilan ubinan minimal 3 kali atau lebih. Luas ubinan berdasarkan sistem Tanam Jajar Legowo yang digunakan dengan jarak tanam 25 x 12,5 x 50 cm dapat dilihat pada Tabel 1.

Perhitungan dengan cara Ubinan kelompok tani bapak Ramli bisa memanen padi secara baik dan dapat menghasilkan 7,76 ton/ha,  padi yang ditanam kelompok tani ini jenis Mikongga dan Inpari. (Kodim 0901/Samarinda).

%d blogger menyukai ini: