Home / Buletin Militer / BABINSA DILATIH JADI KADER PERTANIAN

BABINSA DILATIH JADI KADER PERTANIAN

Samarinda, Pada apel Danrem, Dandim Terpusat TA. 2014 di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah yang disampaikan oleh Presiden RI memerintahkan TNI AD untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah, Kementerian-kementerian agar dapat ikut mengawasi proses pembangunan irigasi, memberikan arahan tentang pertanian/pendamping, karena Presiden menyakini bahwa kekuatan yang bisa mengorganisasi adalah TNI dalam rangka mencapai target Pemerintah Swasembada Pangan 3 (tiga) tahun.

Masalah hemat energi adalah fokus lainnya selain pangan. Dengan target setelah tiga tahun pertumbuhan ekonomi harus mencapai diatas tujuh persen. Demikian dikatakan Danrem 091/Aji Suryanatakesuma Kolonel Inf Teguh Arief Indratmoko dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Kav Budi Edwar SIP yang sekaligus membuka pelatihan kader pertanian bagi Babinsa jajaran Korem 091/ASN di Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Kalimantan Timur Jln. Toyib Hadi Wijaya Kec Sempaja Samarinda, Senin (12/1).

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama tujuh hari mulai tanggal 12 sampai dengan 17 Januari 2015. Materi teori yang di berikan meliputi yaitu permasalahan budi daya padi di Kaltim dan Katara, tahap-tahap pertumbuhan dan produksi tanaman padi, teknologi budi daya padi, penerapan prinsip-prinsip SRI pada padi sawah dan seleksi benih padi, penyiapan benih jagung, penanaman jagung, pemelihara/memupuk, pemasaran, penyiapan benih kedelai, penanaman kedelai, pemeliharaan/pemupukan, pengendalian hama dan penyakit dan panen. 

Sedangkan untuk pratek lapangan meliputi pembuatan persemaian padi, penanaman padi, pupuk dan memupuk padi, pembuatan pupuk cair/organik, pembuatan pestisida alami, penyiapan lahan jagung, pemeliharaan jagung dan pengendalian hama, penyiapan lahan kedelai, penanaman kedelai, pemeliharaan kedelai/pemupukan, pengendalian hama dan penyakit. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Provinsi  Kaltim H. Ibrahim, Kasi Ter Rem 091/ASN Letkol Inf Gema Refalita, Dandim 0901/Samarinda, Para Kabalak Aju Samarinda dan peserta pelatihan Babinsa se Jajaran Korem 091/ASN. (Penrem 091/ASN).

%d blogger menyukai ini: