Home / Buletin Persit / HUT KE 72 TNI, ADAKAN PEMERIKSAAN SECARA GRATIS KANKER SERVIKS (PAPSMEAR) DI KOREM 091/ASN

HUT KE 72 TNI, ADAKAN PEMERIKSAAN SECARA GRATIS KANKER SERVIKS (PAPSMEAR) DI KOREM 091/ASN

SAMARINDA. Bhakti sosial pemeriksaan kesehatan Deteksi Dini Kanker payudara dan IVA Test oleh ibu-ibu Dharma Pertiwi dan Persit Kartika Chandra Kirana dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke- 72 TNI Tahun 2017 yang dihadiri 246 orang, bertempat di Aula Wira Yudha Korem 091/ASN Jl. Gajah Mada No 11Samarinda Kaltim, Senin (25/9/2017).

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Woroihan S. Sos dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E. Riupassa S. Sos. mengatakan bahwa kanker payudara adalah jenis kanker yang umum terjadi pada kaum perempuan dan merupakan penyakit kanker dengan jumlah penderita tertinggi kedua setelah  kanker serviks.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dan mencegah secara dini terjadinya kanker payudara dan kanker serviks. Sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan dan langkah-langka pengobatan sebelum mencapai stadium yang lebih tinggi. Dengan mengetahui tujuan tersebut saya berharap ibu-ibu tidak takut atau malu untuk mengikuti kegiatan ini yang tentunya bermanfaat untuk kita sendiri dan keluarga. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi sesama istri prajurit dan petugas medis yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini”, jelas Danrem.

Sedangkan Ibu Ketua Dharma Pertiwi Koordinasi Cabang Samarinda Daerah F Ny. Irham Waroihan mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI akan kesejahteraan anggota dan keluarganya, TNI melalui Dharma Pertiwi bekerjasama dengan OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja) dan Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan deteksi dini kangker serviks dan kanker payudara untuk mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara dengan cara melakukan kegiatan pemeriksaan Iva Test kepada ibu-ibu Dharma Pertiwi dan Persit Kartika Chandra Kirana.

Ibu Ketua juga berharap dapat berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, jangan merasa takut akan hasil yang akan didapat, karena semakin dini kita mengetahui kondisi kita, semangkin cepat penanganan yang akan kita lakukan sehingga hal-hal yang buruk dapat kita hindari.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat menyampaikan informasi tentang bahaya kanker serviks kepada lingkungan sekitarnya terutama ibu-ibu yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti penyuluhan ini”,pesannya.

Hadir sebagai pembicara dalam Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) ini adalah dr. Montessori, SpOG memaparkan mengenai penyakit  Kanker serviks / kanker mulut rahim, bagaimana terjadinya, apa penyebab dan gejala kanker serviks tersebut.  

  1. Montessori, SpOG juga menjelaskan bahwa cara mendeteksi sedini mungkin kanker servik adalah dengan pemeriksaan PAP SMEAR. Setelah penyampaian materi dilanjutkan oleh sesi tanya jawab. Keantusiasan ibu-ibu dalam kegiatan ini sangat  terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada dr. Montessori, SpOG.

Kegiatan Pemeriksaan Deteksi Dini kanker serviks (papsmear) dilaksanakan setelah sesi tanya jawab selesai. Dalam pemeriksaan tersebut dilakukan screening oleh tenaga kesehatan terlebih dahulu bagi ibu-ibu Persit Kartika Chandar Kirana yang hadir sebagai peserta. Ibu-ibu yang lolos dan memenuhi persyaratan langsung dilakukan pemeriksaan papsmear.

(Penrem 091/ASN).

%d blogger menyukai ini: