Home / Buletin Militer / PERINGATI KESAKTIAN PANCASILA: KOREM GELAR DO’A BERSAMA

PERINGATI KESAKTIAN PANCASILA: KOREM GELAR DO’A BERSAMA

Samarinda (01/10) Sebagaimana diketahui, sejarah pernah menyebutkan tentang terbongkarnya peristiwa G 30/SPKI yang kemudian menjadi cikal bakal peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila, dianggap sebagai bukti bahwa Pancasila itu ampuh dan berhasil menghalau dan menumpas komunis dan Partai Komunis Indonesia (PKI) tahun 1965. Meskipun sampai kini kalangan sejarawan masih melakukan kajian-kajian terhadap tudingan pelaku pembantaian keenam jenderal dan seorang letnan tersebut.

 

Terlepas dari persoalan itu, sejumlah elemen masyarakat terutama di jajaran TNI khususnya Korem 091/ASN menilai perlunya tetap memaknai Hari Kesaktian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada era pascareformasi seperti saat ini. Pancasila yang lahir dari akar sejarah budaya bangsa itu tetap diyakini mengandung nilai-nilai luhur universal yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia, yakni Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

 

Kaitan dengan hal tersebut diatas, Korem 091/ASN menggelar acara do’a bersama baik yang beragama muslim maupun non muslim. Untuk yang muslim acara digelar di mesjid Baitussalam Korem 091/ASN yang dipandu oleh petugas Bintalrem 091/ASN PNS Rusdi Hadi, S.Ag dan pembacaan surah yasin dan tahlil yang dilanjut dengan do’a dipandu oleh H. Bilal. Sedangkan acara tersebut sdihadiri olweh para Kasi Korem 091/ASN, para Dansat dan Kabalak Aju serta sejumlah perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS si jajaran Korem 091/ASN.

Semwentara itu diwaktu yang bersamaan, umat kristiani mengambil tempat di Ruang Yudha Makorem 091/ASN juga menggelar ibadah dan do’a berssama yang dipimpin oleh Pendeta Agustinus Lukas, S.Th, M.Min dari Gereja Toraja Bukit Harapan Loa Janan diikuti oleh 30 orang jemaatnya serta sdiikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS yang beragama nasrani se jajaran Korem 091/ASN. (Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: