Home / Buletin Militer / PRAJURIT KOREM 091/ASN IKUTI UPACARA HUT KE 96 PEMADAM KEBAKARAN

PRAJURIT KOREM 091/ASN IKUTI UPACARA HUT KE 96 PEMADAM KEBAKARAN

Samarinda (31/03). Dua Peleton Prajurit Korem 091/ASN dan Kodim 0901/Samarinda serta satu unit Kendaraan Pemadam Kebakaran berikut sejumlah personelnya, mengikuti Upacara Peringatan HUT ke 96 Pemadam Kebakaran Nasional yang digelar di halaman parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda pada Selasa (31/03)

Upacara Peringatan HUT ke 96 Pemadam Kebakaran Nasional diikuti oleh sejumlah pasukan diantaranya, Polresta Samarinda, Dishub, BPBD dari Provinsi dan Kota Samarinda serta sejumlah kelompok Damkar, Balakar dan Satlakkar dari Kota Samarinda dan perwakilan dari Kabupaten Kota se Kaltim berikut sejumlah unit kendaraannya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten 3 Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim Drs.H. Bere Ali, M.Si, mengawali sambutannya mengajak seluruh hadirin untuk merenung kebelakang sejenak untuk merepleksi kita kedepan. Pelayanan pemadam kebakaran dengan sebutan branweer dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1909 atau 106 tahun yang lalu. 

Selanjutnya menurut Mendagri, bencana dan kebakaran menjadi tanggung jawab pemeritah daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dimana Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran merupakan urusan concurrent bagi Pemerintah dan urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar bagi Pemerintah Daerah. 

Untuk penyelenggaraan sub urusan kebakaran, peran Institusi Pemadam Kebakaran dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah sangat strategis mengingat tugas dan funsi pemadam kebakaran dikenal dengan sebutan Panca Dharma yang berarti :

  1. Pencegahan dan Pengendalian;
  2. Pemadaman Kebakaran;
  3. Penyelamatan jiwa dan harta benda;
  4. Pemberdayaan komunitas sukarelawan pemadam kebakaran;
  5. Penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun. 

Diakhir sambutannya Mendagri mengingatkan dan mengajak semua pihak untuk meningkatkan semangat dan kinerja dalam pencegahan, pengendalian dan pemadaman kebakaran. Terus jaga semangat “Pantang Pulang Sebelum Api Padam walaupun Nyawa Taruhannya”. Cegah kebakaran, stop pencemaran asap, stop bencana dan kerusakan lingkungan hidup.

Usai upacara, para hadirin disuguhi atraksi pemadaman kebakaran oleh pasukan gabungan BPBD dan Damkar Prov. Kaltim yang melakukan simulasi penanggualangan kebakaran di gedung tinggi menggunakan branweer tangga hidrolik panjang. (Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: