Home / Buletin Militer / SAKA WIRA KARTIKA JUARA UMUM DI BUMI PERKEMAHAN SEMOLON KAB. MALINAU DALAM RANGKA PERINGATAN HUT KE-52 GERAKAN PRAMUKA

SAKA WIRA KARTIKA JUARA UMUM DI BUMI PERKEMAHAN SEMOLON KAB. MALINAU DALAM RANGKA PERINGATAN HUT KE-52 GERAKAN PRAMUKA

Saat terik matahari, kapal Speedboad dari Tarakan tiba di pelabuhan Malinau, tanggal 19 Agustus 2013 telah hadir rombongan peserta pramuka khususnya anggota Saka Wira kartika jajaran Korem 091/ASN dan selanjutnya menuju Makodim 0910/Malinau untuk bermalam. 

Pada paginya dilaksanakan Upacara HUT Pramuka ke 52 dan pembukaan Peran Saka Daerah Kaltim tanggal 20 s.d 24 Agustus 2013 di bumi perkemahan Semolon Kab. Malinau yang jaraknya 37 Km dari makodim 0910/Malinau dengan kondisi jalan agregat dan tanah, medan pegunungan dan lembah sangat dominan di sepanjang jalan menuju lokasi perkemahan, jika kondisi tanah basah apalagi turun hujan maka hanya kendaraan dobel gardan yang mampu menjangkau lokasi kegiatan. 

Tim Korem 091/ASN dipimpin oleh Mayor Inf Thohar mempersiapkan sedini mungkin untuk membuat Stand pameran Saka Wira Kartika sehingga mampu bersaing dengan 9Stand lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain memamerkan alat perlengkapan, alkapsus dan data-data yang diperlukan meliputi 5 (lima) Krida dalam Saka Wira kartika,disamping itu petugas di Stand pameran juga menyiapkan dan memberikan materi kepramukaan sesuai Saka masing-masing seperti memberikan materi tentang Krida Navigasi Darat, Pionering, Survival, Mountainering dan Krida penanggulangan bencana. 

Materi pengetahuan dan ketrampilan Saka Wira Kartika begitu dominan sehingga anggota pramuka dari Saka lain (Saka Bahari, Saka Kencana, Saka Dirgantara, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bhakti, Saka Bakti Husada dan Saka Bhayangkara) turut bergabung mengikuti jalannya kegiatan sebagaimana diatur panitia. Maka tidak heran kalau Saka Wira kartika menjadi Juara umum sebagaimana disampaikan Bupati Malinau pada saat Upacara Penutupan tanggal 24 Agustus 2013 dengan mendapatkan Juara I Lomba Stand pameran, Juara I Lomba lagu daerah, Juara III lomba design logo Kwarda Kaltara serta Plakat pengiriman peserta terbanyak yaitu 109 peserta, 8 pendamping dan 41 pendukung. (Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: