Home / Buletin Militer / WARGA KOREM 091/ASN PERINGATI ISRA MI’RAJ

WARGA KOREM 091/ASN PERINGATI ISRA MI’RAJ

Samarinda (27/06). Bertempat di Aula Manunggal Makorem 091/ASN sejumlah Prajurit, PNS dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di lingkungan Korem 091/ASN Samarinda menghadiri peringatan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1433 H, yang menghadirkan penceramah dari Pimpinan Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin Samarinda Ustadz H. Bachtiar MY, S.Hi. Turut hadir pada kesempatan tersebut para Dan/Kabalak Aju, para Kasi dan Perwira staf lainnya dilingkungan jajaran Korem 091/ASN.

Peringatan Isra’ Mi’raj tahun 1433 H yang bertemakan Melalui Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW kita Tingkatkan Disiplin dan Moralitas Prajurit guna Mendukung Pelaksanaan Tugasdiawali dengan lantunan ayat suci Al Qur’an yang disampaikan oleh Qori’ah Welda Ahmadiah dari Mahasiswa STIKES Samarida membacakan surah Al Isra’ ayat 1 s.d 3 Al dilanjutkan dengan sari tilawah oleh Praka Emys Mopoli.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasrem 091/ASN Letkol Inf Lismer Lumban Siantar, Komandan Korem 091/ASN Kolonel Inf Gadang Pambudi mengajak dan menghimbau kepada seluruh hadirin untuk menyimak apa yang disampaikan oleh penceramah. Selanjutnya Danrem menyampaikan bahwa, walaupun peringatan Isra Mi’raj seperti ini sudah sering kali dilaksanakan, dalam upaya mendalami makna dan hakekat yang terkandung didalamnya, namun kita sebagai hamba Allah SWT yang beriman dan bertaqwa, sekaligus sebagai pengikut Rasulullah SAW yang taat, tidak ada salahnya bila kita mengadakan peringatan ini sebagai suatu peristiwa besar yang telah dialami oleh Rasulullah SAW, suatu mu’jizat yang tidak pernah dialami oleh Nabi maupun Rasul lainnya, dalam rangka menerima perintah langsung dari Allah SWT untuk melaksanakan Shalat wajib 5 waktu Oleh karena itu marilah kita sadari bersama, bahwa peristiwa Isra’ dan Mi’raj tersebut mengandung mutiara hikmah yang sangat luas dan  mendalam, yang perlu kita kaji untuk dipedomani dalam kehidupan sehari-hari, guna menjalin hubungan yang baik antara umat manusia dengan Allah dan Rasul-Nya serta antar sesama manusia, karena perintah Shalat ini langsung dari Allah SWT kepada Rasulullah, maka diwajibkan pula terhadap kita sebagai pengikut dan ummat Rasulullah SAW untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada bagian akhir sambutyannya, Danrem mengingatkan kembali bahwa acara seperti ini janganlah hanya merupakanperingatanrutinitas yang dilaksanakan setiap tahun, namun hendaknya sebagai wahana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sementara itu, Ustadz H. Bachtiar MY, S.Hi, yang tausiahnya selalu diselingi dengan canda danhumor pada intinya menyampaikan bahwa hikmah paling penting dari peristiwa perjalanan Isra’ Mi’raj ini adalah Muhammad SAW menerima perintah sholat dari Allah SWT. Dimana bagi umat Islam kedudukan sholat mempunyai kedudukan amat penting bagi perjalanan kehidupannya selaku hamba Allah. “Ibadah sholat adalah hal pertama yang akan dihizab terlebih dahulu sebelum ibadah-ibadah dan amalan-amalan lainnya. Karena itu jagalah sholat kita karena sholat itu akan menolong kita di akhirat kelak” katanya.

Akan tetapi
, sambung ustadz yang rutin memberi kultum usai sholat dzuhur setiap hari Rabu di Masjid Korem 091/ASN ini, sholat seperti apa yang mampu menolong kita di akhirat kelak. Menurut Ustadz H. Bachtiarsholat yang baik adalah yang hanya niat karena mengharap ridho Allah SWT, bukan karena mengharap pahala. Bila karena alasan tersebut, lanjutnya,Sholat itu, katanya lagi, membawa manfaat banyak bagi manusia yang mengerjakannya. Sholat itu membentuk pribadi yang tawadhlu artinya tidak sombong, sholat juga mengajarkan kita untuk bersikap disiplin, sholat juga membentuk pribadi yang jujur, dan sholat membentuk pribadi yang sabar.“Intinya adalah manfaat sholat itu sangat banyak, tidak saja manfaat rohani, namun juga jasmani karena sholat juga menyehatkan” pungkasnya. (Penrem 091/ASN)

 

%d blogger menyukai ini: