Home / Buletin Militer / DANREM MINTA PARA PEMUDA SELALU PELIHARA NASIONALISME DAN TAK MUDAH TERPROVOKASI

DANREM MINTA PARA PEMUDA SELALU PELIHARA NASIONALISME DAN TAK MUDAH TERPROVOKASI

SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos menjadi pemateri tentang wawasan kebangsaan pada Pelatihan Kaderisasi Kepemimpinan Tingkat Dasar (PK2TD) Kaltim, bertempat di lantai 7 Rosela room hotel Grand Kartika, Jalan KH Khalid, Samarinda, Kaltim, Selasa (17/10/2017).

Kegiatan itu diikuti ratusan peserta, diantaranya SMA 5 Samarinda, SMK Priamia Samarinda, SMK Katolik, SMA Muhammadiyah, Universitas 17 Agustus (Untag), Universitas Nahdatul Ulama, IKIP PGRI Samarinda.

Berikutnya Warda Pramuka, SMK 7 Samarinda, PPI Purna Paskibraka, Organisasi Kepemudaan, Forum Komunikasi Pemuda, Pemuda Perindo, Universitas Mulawarman dan SKOI Sekolah Olahraga Internasional.

Dalam pemaparanya, Danrem menjabarkan tentang Indonesia yang mempunyai 1.128 suku bangsa terdiri dari 17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan luas 1.922.570 Km.

“Bangsa Indonesia tidak lahir didasarkan atas persamaan kelahiran, kesukuan, asal usul kedaerahan, ras atau pun keagamaan. Diilhami sumpah pemuda bersepakat untuk satu berbangsa, berbahasa, bertanah air harus diwarisi dan dipertahankan oleh penerus bangsa yang disatukan oleh ideologi Pancasila,” ucapnya,

Danrem menambahkan, perang masa kini yakni Proxy War, yakni perang melalui berbagai aspek, termasuk menggunakan media sosial.

“Kepada para pemuda agar menyisipkan nilai-nilai nasionalisme di setiap ada kesempatan, jangan mudah terpengaruh budaya asing dan arus globalisasi. Berpikirlah jernih bijak namun kritis melihat hal-hal yang aneh. Gunakan sosial media dengan baik dan jangan mudah terprovokasi,” tutupnya. 

Sementara itu, Ketua panitia Dwi Wahyuni SE, M.si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 091/ASN khususnya Korem telah memberikan waktunya untuk pemuda pemudi sebagai pemberi materi Wawasan Kebangsaan, karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi para pemuda dan pemudi sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa yang kuat dan bermoral, serta berbudi pekerti.

(Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: