Home / Buletin Militer / TNI BANTU KELOMPOK TANI TANAM PADI

TNI BANTU KELOMPOK TANI TANAM PADI

BONTANG – Personel TNI yang terdiri dari Kodim 0908/Bontang, Den Arhanud-002, serta Koramil 0908-01/Loktuan ikut membantu dan mendampingi kelompok tani melakukan penanaman padi di wilayah RT 11 Kelurahan Kanaan. Penanaman bertajuk tambah luas tanam untuk periode Oktober 2017 – Maret 2018 itu dilakukan di lahan seluas 1 hektar, Senin (23/10/2017).

Danramil 0908-01/Loktuan Kapten Inf Subarkah Sangari mengatakan, pada dasarnya bantuan dan dukungan dalam penanaman padi ini tidak hanya dilakukan di wilayah Kanaan saja. Melainkan juga ada yang terdapat di wilayah Kelurahan Telihan dan wilayah nyerakat kiri, Kelurahan Bontang Lestari yang merupakan kelompok tani binaan Kodim. Kata dia, ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat untuk mewujudkan swasembada pangan di Indonesia.

“Bontang ditarget 70 hektar. Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, dengan dua kali tanam Bontang selalu melebihi dari target yang ditentukan. Tahun lalu saja, kita bisa lebih hingga 20 hektar,” ungkapnya.

Kapten Subarkah  berujar, jika di tahun-tahun sebelumnya TNI hanya melakukan pendampingan saja, tahun ini TNI ikut terjun langsung dalam hal menyiapkan lahan, memberikan penyuluhan bercocok tanam, hingga pengawalan pendistribusian pupuk sampai ke lokasi.

“Biasanya saat panen raya nanti, kami juga akan melibatkan berbagai unsur termasuk warga binaan yang ada di Lapas klas III Bontang,” jelasnya.

Sementara itu mewakili Pemkot Bontang, Lurah Kanaan Deddy Steven Marpaung mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota TNI yang telah membantu dalam proses penanaman padi milik salah satu kelompok petani yang baru dibentuk ini. Kata dia, meski terkendala dengan kondisi tanah yang pengairan dan irigasinya minim, sehingga terlihat gersang.

“Harapannya dengan ditanami padi di lokasi ini nanti, kegiatannya dapat terus berkelanjutan dan sekaligus bisa sebagai sarana penghijauan lingkungan,” tukasnya.

 (Kodim 0908/Bontang).

 

%d blogger menyukai ini: