Home / Buletin Militer / KOREM 091/ASN PADAMKAN API DI DUA KABUPATEN

KOREM 091/ASN PADAMKAN API DI DUA KABUPATEN

SAMARINDA. Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bertempat di aula Wira Yudha Korem 091/ASN Jl. Gajah Mada No 11 Samarinda Kamis (25/10/2017).

Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut di ikuti ratusan personil TNI, Kepolisian, Basarnas, Pemadam Kebakaran, masyarakat, dari berbagai satuan dikerahkan untuk mengantisipasi ancaman kebakaran yang dapat mengganggu hutan dan lahan sebagai lingkungan hidup yang harus di jaga dan lestarikan.

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menetapkan status siaga satu kebakaran hutan dan lahan yang berlaku sampai satu bulan ke depan. Status ini ditetapkan karena titik api (hotspot) di kabupaten ini terus meningkat.


Mengingat status ini, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Barat menjadi perhatian serius pemerintah. Berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan lebih diintensifkan.

Untuk Siaga satu diperlukan aksi langsung berupa pemadaman, karena di Kutai Kartanegara dan Kutai Barat ini titik apinya cukup banyak. Seluruh pemerintah daerah di Kaltim juga diminta membentuk tim terpadu penanggulangan bencana asap tersebut.

Seperti diketahui hingga saat ini Kukar dan Kubar masih  ditemukan banyak titik panas, kondisi ini sangat dikhawatirkan api membesar dan menyebabkan asap sehingga mengganggu penerbangan di Kaltim.

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kutai Kartanegara dan Kutai Barat ini adalah simulasi Latihan Posko I Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Tahun 2017.

Amanat Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) pada acara kaji ulang latihan pada pelaksanaan Geladi Posko I Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) yang di bacakan Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Andi Muhammad    menyampaikan bahwa penilaian keberhasilan pelaksanaan latihan bukan diukur telah berjalannya mekanisme latihan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Melainkan harus diukur dari bagaimana pelaksanaan latihan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf di dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui baik saat prosedur hubungan Komandan dan Staf maupun pada saat pengendalian operasi berlangsung, khususnya pada operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah Kalimantan Timur membantu mengatasi terjadinya bencana alam ke-bakaran hutan dan lahan secara efektif, efisien dan optimal.

Satuan akan selalu dapat melaksanakan setiap tugas yang diberikan komando atas secara baik dan berhasil apabila unsur pimpinan dan staf  dapat menjabarkan setiap tugas menjadi prosedur tetap maupun prosedur kerja yang operasional yang dimengerti dan dapat di-laksanakan oleh setiap Prajurit. Selanjutnya protap maupun prosedur kerja operasional tersebut akan dapat terwujud dan terlaksana melalui latihan-latihan yang intensif dan terencana secara cermat.

 

(Penrem 091/ASN).

 

%d blogger menyukai ini: