Home / Buletin Militer / TUJUH KUBIK ULIN ILEGAL DIAMANKAN KODIM 0902/TRD

TUJUH KUBIK ULIN ILEGAL DIAMANKAN KODIM 0902/TRD

BERAU – Kodim 0902/TRD berhasil mengamankan tujuh kubik kayu Ulin yang diduga ilegal, saat kedapatan tengah diangkut sebuah truk nomor polisi DW 9570 AB, dari arah Segah menuju Tanjung Redeb. Kamis, 9 November 2017.

Komandan Kodim 0902/TRD Letkol CPN Roni Nuswantoro, menuturkan dua anggotanya Serka Sugito dan Serda Sutrisno, yang saat itu melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT), mendapati satu truk berisi kayu Ulin yang diduga ilegal. Sebab, saat sopir dan kenek truk pengangkut dimintai dokumen kepemilikan kayu, keduanya tidak bisa menunjukan kepada aparat.

“Maka sesuai Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999, kayu ini kami amankan karena merupakan salah satu dari 15 Flora yang dilindungi,” ujarnya, saat rilis pers, Jumat 10 November 2017.

Dua orang tersebut pun turut langsung diamankan, berserta barang bukti. Menurutnya, dengan diamankannya Ulin ini, menjadi bukti nyata di Berau masih terdapat ilegal loging.
“Jika mereka memiliki dokumen sah, tidak perlu menunggu 1×24 jam dan pemiliknya akan datang. Namun hingga hari ini, tidak ada satupun yang datang memberikan dokumen kepemilikan kayu ini,” tambah Dandim.

Sementara Kapolres Berau AKBP Andy Ervyn, melalui Kasat Reskrim AKP Damus Asa, mengatakan pihaknya masih menunggu berita acara serah terima barang bukti dari Kodim ke Polres Berau, mengingat dua tersangka yang diamankan berserta barang bukti tersebut masih dalam penanganan Kodim 0902/Trd.

“Kami masih menunggu serah terima dari Kodim, lalu setelahnya kami lakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata AKP Damus Asa.

(Kodim 0902/Trd Rem 091/ASN).

%d blogger menyukai ini: