Home / Buletin Militer / BABINSA GUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI BAGI ANAK-ANAK KORBAN KARHUTLAN

BABINSA GUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI BAGI ANAK-ANAK KORBAN KARHUTLAN

SAMARINDA. Babinsa Koramil 0906-30/Loa Janan Pelda Eko Wahyudi, Serda Jurianto dan pakar Psikologis memberikan penanganan terhadap anak-anak korban kebakaran hutan dan lahan di posko pengungsian desa Purwajaya Kec. Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara, Rabu (6/12/2017).

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Jansen P. Nainggolan, Msc yang turut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwasanya pendekatan psikologi yang digunakan adalah melalui kegiatan role play dan memberikan permainan kepada anak-anak.

“Banyak anak-anak di sini melihat, mendengar dan mengalami berbagai hal yang tidak sesuai dengan perkembangannya, sehingga secara tidak sadar pengalaman tersebut terinterbalisasi ke dalam dirinya dan ini perlu penanganan psikologis yang baik” , tuturnya.

Tujuan dari Babinsa memberikan permainan kepada anak-anak yang diajak mengungsi oleh orang tuanya adalah untuk menjaga mental psikologi anak-anak di penampungan pengungsi.

Memang tempat bagi korban ini sangat membosankan, namun para Babinsa berusaha menyenangkan anak-anak dengan memberikan pengetahuan dan permainan, sehingga dari masing-masing anak tersebut mental dan psikologinya tetap terjaga.

Kegiatan ini merupakan simulasi latihan kebakaran hutan dan lahan di desa Purwajaya agar peran Babinsa dapat meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, salah satunya tugas sebagai prajurit TNI adalah membantu penanggulangan dan penanganan dampak bencana alam bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya untuk melaksanakan operasi bantuan kepada masyarakat.

(Penrem 091/ASN)

%d blogger menyukai ini: