Home / Buletin Militer / KASDAM VI/MULAWARMAN LEPAS PELETON YUDHA WASTU PRAMUKA JAYA

KASDAM VI/MULAWARMAN LEPAS PELETON YUDHA WASTU PRAMUKA JAYA

SAMARINDA. Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman (Kasdam VI/Mlw)  Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melepas pemberangkatan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Kodam VI/Mlw tahun 2017  di lapanga  sepakbola PT. Pertamina Sanga-sanga Kec. Sanga-Sanga Kab. Kukar, Sabtu (16/12/2017).

Kegiatan ini dengan Tema *”Peleton Infanteri melaksanakan Gerak Jalan Ton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Guna meningkatkan Jiwa Korsa, semangat juang dan solidaritas Prajurit bersama segenap Komponen Bangsa dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan wilayah NKRI”.

Bertindak selaku Irup Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang di ikuti oleh sekitar 600 orang personil TNI dan tamu undangan.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Iwan Ma’ruf Zainuddin,SE, para Asisten Kodam VI/Mlw, Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E.  Riupassa, Para Dansat dan Kabalak Jajaran Kodam VI/Mlw, Para Dandim Jajaran Korem 091/ASN, unsur Muspika dan Tomas Sangasanga.

Sedangkan Peserta Upacara terdiri dari 1 Ton Inti Ton Kompi A Yonif 600/R, 1 Ton pengantar TNI : Yon Zipur 17/AD, 2 SST Yon Armed 18/Komposit, 1 SSK Yonif 611/Awl, 1 SST Security Pertamina EP .Sangasanga, 1 SSK Pramuka/Siswa-siswi Kec.Sangasanga 1 SST Korsik Ajenrem 091/ASN.

Amanat Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P yang di bacakan Kasdam VI/Mlw mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2017, untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan prajurit Korps Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran, menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah serta keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada generasi muda TNI AD.

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah salah satu tradisi Korps Infanteri untuk meningkatkan kemampuan mobilitas pasukan jalan kaki dan kemampuan fisik perorangan dalam rangka peningkatan kualitas kesegaran Jasmani Prajurit Infanteri, ungkapnya.

Pangdam menambahkan, Kegiatan Peleton Beranting yang dilaksanakan Kodam VI/Mlw mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Desember 2017 melalui  route wilayah yaitu Korem 091/Aji Surya Natakesuma (Kaltim dan Kaltara) dan Korem 101/Antasari (Kalsel) dengan 10 Etape, jarak tempuh keseluruhan 220 Km yang dikuti oleh unsur TNI, Organisasi masyarakat dan Pramuka.

Tepat pukul 08.00 Wita, Ton beranting Etafe I berangkat menuju ke titik estafet dengan route sejauh 25 km ke Mako Brimob Samarinda seberang.

Kasdam VI/Mlw dan para undangan serta peserta upacara mengikuti gerak jalan peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka.

Disamping itu para murid SD dan SMP Sangasanga sangat antusias menyambut dari kanan kiri jalan yang di lintasi peserta Peleton Yudha Wastu Pramuka dengan mengibarkan bendera merah kecil.

(Penrem 091/ASN)