Home / Buletin Militer / TIGA KASI KOREM DAN DANYONIF BERGANTI, DANREM 091/ASN PIMPIN SERTIJAB

TIGA KASI KOREM DAN DANYONIF BERGANTI, DANREM 091/ASN PIMPIN SERTIJAB

SAMARINDA : Danrem 091/ASN Brigjen Irham Waroihan S.Sos memimpin langsung acara serah terima jabatan (Sertijba) di Markas Batalyon Infanteri 611/Awang Long (Yonif 611/Awl) Jl. Soekarno-Hatta Kec. Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara, Jum’at (22/12/2017).

Adapun serah terima jabatan yakni yang resmi diserah terimakan dari pejabat lama Kolonel Inf Zeni Djunaidi, S.Sos, M.Si Kepada Letkol Inf Priyanto Eko Widodo, Kasi Pers Kolonel Inf Tri Wahyu Mutaqin Akbar, S.Sos kepada Letkol Inf Andi Kusworo, S.E, Kasi  Ter Kolonel Inf Firalta Paksana Tarigan, S.E kepada Letkol Arh Muhamad Jamaludin Malik, Dandim 0907/Trk Letkol Inf Pujud Sudarmanto,S.Sos kepada Letkol Inf Hipni Maulana. F dan Danyonif 611/Awl Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, S.Sos kepada Mayor Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar.

Danrem menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Inf Zeni Junaidi, Kolonel Inf Triwahyu Mustaqin Akbar, Kolonel Inf Firalta Paksana Tarigan, Letkol Inf Pujud Sudarmanto,S.Sos dan Letkol Inf Sigit Hengki Purwanto beserta istri atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya di Korem 091/ASN, selanjutnya kepada Pejabat Baru dilingkungan Korem 091/ASN agar segera menyesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab yang baru.

”Serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD seperti yang kita laksanakan sekarang ini,  pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD khususnya jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalisme dan mampu melaksanakan tugas – tugas kewilayahan, yaitu Menyiapkan potensi wilayah untuk dijadikan kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara”, jelas Danrem.

Perlu disadari, bahwa kondisi dan situasi wilayah Kodim 0907/Trk dan Yonif 611/Awl yang relatif kondusif dan aman hingga saat ini, adalah cermin dari kinerja satuan yang mampu bersinergi dengan semua instansi terkait, hal tersebut dapat dibuktikan dengan terlaksananya berbagai kegiatan yang bersifat program maupun non program, sehingga dapat saya nilai satuan telah bekerja dengan baik.

Namun demikian keberhasilan tersebut hendaknya tidak membuat pejabat Dandim lengah dan berpuas diri, tetapi harus lebih meningkatkan kinerja di satuan masing – masing. Oleh karena itu dalam pelaksanaan tugas ke depan perlu memperhatikan beberapa hal :

– Ancaman terorisme di wilayah sebagai salah satu wujud ancaman nyata terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan bangsa dan keselamatan seluruh bangsa Indonesia. Ancaman tersebut bersifat laten, dinamis, dapat muncul secara tidak terprediksi, mendadak dan berpengaruh secara langsung terhadap stabilitas nasional. Oleh karena itu, pemberdayaan seluruh komponen bangsa dalam penanggulangan terorisme harus dilakukan secara komprehensif.

–  Berikutnya masalah penyalahgunaan Narkoba, dimana Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa, karena sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial. Untuk itu saya perintahkan kepada pejabat Dandim baru agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan secara internal dan eksternal di satuan, serta lakukan koordinasi intensif dengan Polri dan BNN dalam penanggulangannya.

– Keanekaragaman suku di wilayah Kaltim dan Kaltara juga berpotensi terjadinya konflik Sara, untuk itu kepada pejabat Dandim, agar melakukan pendekatan secara persuasif. Adakan kegiatan – kegiatan sosial yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga terciptanya iklim yang kondusif, aman dan damai.

– Khusus wilayah Tarakan sebagai daerah perbatasan, perlu meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan instansi terkait agar tercipta stabilitas di wilayah.

Sedangkan Kolonel Inf Triwahyu Mustaqin Akbar, S.Sos jabatan baru Aspers Kasdam Jaya, Kolonel Inf Zeni Djunaidi menjabat Asintel Kasdam XIV/Hasannudin dan Kolonel Inf Firalta Paksana Tarigan menjabat Pamen Pussenif Kodiklatad.

Letkol Inf Pujud Sudamanto,S.Sos. jabatan baru Waaspers Kasdam ll/Sriwijaya, dan Letkol Inf Sigit Hengki Purwsnto, S.Sos. Dandodiklatpur Rindam VI/Mlw.

Acara di tutup dengan pertunjukan bela diri militer Yong Modoo dari Prajurit Yonif 611/Awang Long.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Kabinda Kaltim Kolonel Kav Masrumasyah, Kasrem 091/ASN Kolenel Inf Frengky E. Riupassa, Ketua Pengurus Persit KCK Koorcab Rem PD VI/Mulawarman, Para Kasi Rem 091/ASN, Para Dansat/Kabalak Korem 091/ASN, Para Dandim Jajaran Korem 091/ASN, Danyonif 600/R Letkol inf Adi Yoga, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Kaden Brimbob Smd AKBP Dieno dan Camat Loa Janan Ulu Muhaji S.Sos

Peserta upacara Kelompok Pamen dan Pama, 1 SST Korsik Ajenrem 091/Asn,  1 SST Pamen Polresta Samarinda, 1 SST Denpom Smd, 1 SSK Gab Korem 091/Asn, Kodim 0901/Smd, Balakaju, 2 SSK Yonif 611/Awl,  1 SST Brimob, 1 SST Gabungan Staf Polresta dan Polsek Jajaran Polresta Samarinda, 1 SST Satpol PP dan 1 SST ASN Korem 091/Asn.

(Penrem 091/ASN).