Home / Buletin Militer / PUNCAK PERAYAAN HUT SAWIKA CAMP, DANDIM 0902/TRD BERI MOTIVASI GENERASI MUDA

PUNCAK PERAYAAN HUT SAWIKA CAMP, DANDIM 0902/TRD BERI MOTIVASI GENERASI MUDA

TANJUNG REDEB – Puncak perayaan HUT Saka Wira Kartika (Sawika Camp) perdana yang digelar di lapangan Batiwakkal, Tanjung Redeb, Jum’at (5/1/2017) pukul 16.00 wita dihadiri langsung oleh Dandim 0902/Trd Letkol CPN Roni Nuswantoro Hadi, sekaligus menjadi inspektur upacara.

Dalam Sambutannya Dandim mengatakan, jangan mau jadi generasi muda yang gagal mengharumkan nama bangsa, orang tua dan diri sendiri, dan jangan mudah terpengaruh oleh budaya asing yang negative.

Dalam momen HUT Sawika Camp tersebut, Dandim juga meminta para generasi muda khususnya agar meningkatkan kedisiplinan dalam diri sendiri. “Saya mengapresiasi kegiatan ini, ditengah arus globalisasi yang semakin maju perlu adanya kegiatan seperti ini untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan tidak terpengaruh oleh budaya luar yang merusak generasi muda, dan jangan mau jadi pemuda yang gagal,” ujarnya.

Pramuka, menurut Dandim sudah terjalin rasa persaudaraan yang tinggi, setia kawan, loyalitas, rasa patriotisme dan Nasionalisme. “Kegiatan ini sangat positif, tampilkan diri kalian dalam pramuka yakni setia kawan, disiplin, patriotis dan nasionalisme, kegiatan seperti ini di Berau sudah sangat jarang dan inilah tujuan utama kita berkumpul disini,” lanjutnya.

Kegiatan ini sendiri menitikberatkan pada rasa persaudaraan, cinta tanah air, nusa dan bangsa, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan yakni, kegiatan pramuka di Berau mengalami peningkatan, yang kedua Pramuka bisa menjadi pelopor bagi mayarakat seperti menolong warga yang kesusahan, jadikan pramuka sebagai wadah menanam rasa patriotisme.

“Saya juga berpesan selalu tempatkan kepentingan bangsa dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan. Satya Darma pramuka bukan hanya diucapkan di bibir saja, namun juga ditekadkan dan dijalankan,” tambahnya.

Kegiatan ini mampu melahirkan generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia, serta memiliki budi luhur yang baik. “Kegiatan ini juga saya harapkan mampu mengorbitkan generasi muda yang berkualitas dan memiliki kecintaan serta ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.

Dalam HUT Sawika Camp tersebut turut ditampilkan berbagai macam atraksi seni dan kemampuan merakit senjata jenis pistol P1 dan M.16. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari dan diikuti ratusan pelajar SMP dan SMA/SMK sekabupaten Berau.