Home / Buletin Militer / UPAYA PERCEPAT TANAM PADI, BABINSA KORAMIL 0913-04/SEPAKU BANTU PETANI

UPAYA PERCEPAT TANAM PADI, BABINSA KORAMIL 0913-04/SEPAKU BANTU PETANI

PENAJAM. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0913-04/Sepaku gencar melaksanakan pendampingan kepada para petani dalam meningkatkan produksi panen. Pendampingan dilaksanakan dari tahap penyiapan lahan, pengolahan lahan hingga pelaksanaan panen.

Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Kel. Sepaku Serda Warija Tri. A Dalam musim tanam ini selalu aktif mendampingi petani dalam penyiapan lahan milik bapak Nur Cholis juga sebagai Ketua GAPOKTAN Kel. Sepaku warga Kel. Sepaku Desa Lokdam Rt. 03 Kecamatan Sepaku, Rabu (10/01/2018).

Penyiapan lahan pertanian yang tepat merupakan kunci sukses untuk mendapatkan hasil panen yang baik,karena saat ini masih memasuki musim penghujan sehingga ketersediaan air di wilayah Kecamatan Sepaku masih cukup banyak sampai dengan memasuki awal bulan Januari.

Petani juga dihimbau agar selalu memperhatikan pola tanam agar diperoleh hasil panen yang maksimal. Pemberian pupuk selain dengan menggunakan pupuk organik petani diharapkan juga memberikan pupuk non organik dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitar kita seperti daun-daunan serta sampah rumah tangga yang mudah membusuk.

Danramil 0913-04/Sepaku Kapten Inf Priyanto, selaku Babinsa mendampingi petani memang sudah salah satu tugasnya, kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan swasembada pangan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah RI, salah satu komoditi yang sangat diunggulkan padi program tersebut adalah padi, jagung dan kedelai (PAJALE).

Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian, karena dengan adanya pendamping petani maka segala kesulitan yang di hadapi petani di lapangan akan terselesaikan dengan baik.

Gapoktan Kel. Sepaku Nur Cholis mengharapkan, dengan kehadiran babinsa, tanaman padi yang ditanam akan tumbuh dengan subur, maksimal dan hasil panen yang akan dicapai petani pun akan melimpah, sehingga program dalam mensukseskan swasembada pangan nasional akan terwujud.

Salah satu petani di Desa Lokdam, Nur Cholis selaku petani pemilik lahan juga sebagai Gapoktan mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang sudah membantu petani dalam menyiapkan lahan, sehingga petani merasa terbantu dengan tugas yang dijalankan Babinsa.