Home / Buletin Militer / BABINSA BASMI HAMA TANAMAN PADI

BABINSA BASMI HAMA TANAMAN PADI

PENAJAM.     Hama tanaman padi merupakan kendala bagi petani untuk bisa meningkatkan produksi usaha taninya. Bahkan serangan hama tertentu seperti tikus, wereng, keong yang bisa mengakibatkan gagal panen.

Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku, Serda Warija bersama dengan petani melaksanakan pengecekan hama pada tanaman padi di lahan sawah  Desa Lokdam Kel.  Sepaku,  Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Senin (29/01/2018).

Dalam kesempatan itu Babinsa yang bertugas sebagai mitra petani memberikan masukan diantaranya mengajak para petani untuk selalu memonitoring lahan sawah minimal 2 minggu sekali bahkan kalau bisa 3 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar bisa sedini mungkin mengetahui gejala serangan hama dan sedini mungkin mengambil tindakan pencegahan atau pengendalian sehingga petani tidak mengalami gagal panen.

Babinsa berharap dan sekaligus mengajak para petani untuk secara bijak mengendalikan  serangan hama tanaman padi. Karena kalau sembarangan dalam mengendalikan hama terutama dalam penggunaan insektisida justru kita sendiri yang akan dirugikan.

Sekarang ini sudah banyak hama yang sudah tidak mempan lagi disemprot dengan insektisida, akhirnya para petanilah yang terkena dampak negatifnya, selain memerlukan biaya, usaha tani yang lebih besar juga produktivitas padi menjadi turun.