Home / Buletin Militer / SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN, KODIM BERAU KOMITMEN DUKUNG UPSUS PAJALE

SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN, KODIM BERAU KOMITMEN DUKUNG UPSUS PAJALE

BERAU- Melalui program upaya khusus percepatan (Upsus), tiga komoditas utama masing-masing padi, jagung, dan kedelai (Pajale), pemerintah bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan dalam tiga tahun. Melalui Upsus Pajale, segala strategi dan upaya dilakukan dalam peningkatan luas tanam dan produktivitas daerah sentra produksi pangan. Hal ini yang di koordinasi Upsus Pajale 2018 di Ruang pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Berau, Jumat (2/2/2018).

Operasioanalisasi pencapaian target di lapangan, benar-benar dilaksanakan secara ‘all in’ untuk mensukseskan program tersebut. Yakni dengan penyediaan dana, pengerahan tenaga, perbaikan jaringan irigasi rusak, bantuan pupuk, serta ketersediaan benih unggul yang tepat (jenis/varietas, jumlah, tempat, waktu, mutu, harga).

Mendindaklanjuti hal itu, Kodim 0902/Tanjung Redeb (TRD) mengaku siap membantu sukseskan program swasembada pangan di Kaltim, khususnya Berau.

“Kami prajurit TNI siap membantu Swasembada Pangan di Berau, serta turun tangan melalui program upsus pajale sesuai MoU yang telah disepakati Kementan RI dengan TNI” ujar Kasdim 0902/Trd Mayor Inf Ahmad Sobirin.

Kegiatan tersebut diikuti 48 peserta dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Berau sebagai upaya percepatan realisasi Upsus Pajale.

Dalam kesempatan itu, Kasdim pun menyebut, sesuai instruksi panglima TNI kepada Kepala Staf Komandao Angkatan Darat (Kasad), seluruh jajaran TNI diwajibkan turut mensukseskan swasembada pangan di daerah, guna mendorong swasembada pangan Nasional.

“Selain turun membantu, kami pun akan mengarahkan, mendorong masyarakat untuk bercocok tanam yang baik, serta memandirikan masyarakat untuk berswasembada pangan. Apalagi ada zona merah di Berau, seperti kawasan pantai yang tidak cocok ditanami padi,” tambahnya.

Ditekankan Kasdim, bagaimana cara meningkatkan potensi laut yang menjadi sumber daya pangan utama, perlu menjadi perhatian bersama untuk bisa dimaksimalkan.

“Perlu ada kerjasama antar instansi terkait, guna mengatasi zona merah swasembada pangan di Berau. Dan ikan bisa menjadi sumber utama yang sangat bagus, bagi masyarakat yang tinggal dipinggiran laut,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Berau, Suparno Kasim, mengatakan peningkatan Pajale di Berau nyaris menyentuh target dari 13 Kecamatan yang ada.

“Memang ada beberapa kawasan zona merah swasembada pangan, namun kami mengupayakan kemandirian masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal,” katanya.