Home / Buletin Militer / MAKAM BAPAK PEMBANGUNAN SAMARINDA DIPINDAHKAN KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN, INI SOSOK KADRIE OENING

MAKAM BAPAK PEMBANGUNAN SAMARINDA DIPINDAHKAN KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN, INI SOSOK KADRIE OENING

SAMARINDA – Makam mantan Wali Kota Samarinda yang ketiga, akhirnya dipindahkan ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur. M Kadrie Oening yang yang lahir pada 1923 dan meninggal pada 1989, sebelum dipindahkan ke TMP Kusuma Bangsa, sempat disemayamkan di pemakaman umum Jalan Abul Hasan.

“Rencana pemindahan makam ini sebenarnya sudah lama, namun baru bisa terealisasikan saat ini, banyak pihak yang membantu dalam pemindahan makam ini,” ucap cucu sekaligus ahli waris Kadrie Oening, Gusti Muhammad Syah Naoufal, Selasa (6/2/2018).

Proses pemindahan makam itu sendiri telah dilakukan sejak Senin (5/2/2018) kemarin, dengan menggali kembali kuburan di pemakaman umum, Jalan Abul Hasan.

Dan, saat proses di makam taman Pahlawan, tampak kerabat, keluarga, serta instansi pemerintan, dan beberapa komunitas hadir dalam proses pemakaman yang berlangsung sederhana itu.

Prosesi penguburan kembali dilakukan oleh jajaran TNI, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), serta Kodim 0901/Samarinda, yang memimpin penghormatan terakhir kepada walikota yang disebut sebagai bapak pembangunan Kota Samarinda itu.

“Ini erat kaitanya dengan sejarah kota, masyatakat Samarinda punya tokoh yang membangun kota ini, dan beliau ini sosok yang tegas, saat memimpin pemerintahan maupun di lingkungan keluarga,” kenangnya.

Untuk diketahui, M Kadrie Oening merupakan Wali Kota ketiga Samarinda, sekaligus walikota dari kalangan sipil pertama. Menjabat dua kali dan dilantik sebagai walikota pada 8 November 1967 hingga 1980.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Samarinda, M Kadrie Oening juga pernah menjadi Wedana yang diperbantukan di Balikpapan, menjadi camat di Sangkukirang, camat Samarinda Seberang, serta camat di Penajam Balikpapan, dan aktif dalam pergerakan politik jelang kemerdekaan.

Selain itu, M Kadrie Oening juga ditetapkan sebagai veteran pejuang kemerdekaan, yang tertuang dalam surat keputusan Menteri urusan veteran dan demobilisasi Nomor 12/K/kpts/MUV/10.61 tanggal 7 Juni 1961, dengan nomor pokok veteran 5579/N. M Kadrie Oening juga merupakan pelaku sejarah perubahan dan pembangunan Samarinda, bahkan namanya dijadikan sebagai nama jalan di kawasan Samarinda Ulu.