Home / Buletin Militer / WASPADAI PENYAKIT DIFTERI, KELUARGA BESAR KODIM 0908/BTG ADAKAN PENYULUHAN

WASPADAI PENYAKIT DIFTERI, KELUARGA BESAR KODIM 0908/BTG ADAKAN PENYULUHAN

BONTANG. Akhir akhir ini di beberapa tempat di Kalimantan Timur dilanda Kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri seperti di Balikpapan, Samarinda dan Kutai Timur.

Dalam rangka mengantisipasi terjangkitnya,  anggota TNI dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta keluarganya dari bahaya difteri Kodim 0908/Bontang menggelar penyuluhan  tentang ” Waspada Penyakit Difteri” di Lamin Makodim 0908/Bontang Rabu (7/02/2018).

Dalam sambutannya, Dandim 0908/Bontang yang diwakili oleh Kasdim 0908/Bontang Mayor Inf Musanif memberikan apresiasi kepada Persit KCK cabang XX Dim 0908/Btg dan kader Posyandu Menur II Kodim 0908/Btg yang telah menggagas kegiatan sosialisasi ini dengan bekerjasama dengan Puskesmas Bontang Utara I.

“Wabah difteri ini telah menimbulkan korban jiwa dan korbannya tidak mengenal usia. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan keluarga kita bisa tercegah dan terhindar dari ancaman wabah difteri itu sendiri” imbuh Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menambahkan “Keberadaan Posyandu Menur II Kodim 0908/Bontang bukan hanya melayani warga asrama Kodim saja namun masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan fasilitas Posyandu ini”

Dalam penyuluhannya, dr. Hikmah menjelaskan bahwa difteri disebabkan oleh bakteri yang bernama Corinus Bacteria Difteria yang penularannya bisa melalui batuk, lendir dan kontak langsung dengan penderita. Untuk mencegah bahaya difteri  agar tidak terjangkit baik di keluarga maupun lingkungan sekitar dapat dimulai dari membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat, disamping itu adanya kesadaran dari warga terutama ibu-ibu untuk memberikan imunisasi secara teratur bagi anaknya khususnya balita.

Adanya keraguan dan ketakutan dari masyarakat untuk memberikan imunisasi kepada anaknya menjadi tantangan sendiri bagi kader Posyandu dan juga pemerintah Kota Bontang khususnya dinas kesehatan.

“Untuk itu, bagi ibu-ibu yang hamil dan memiliki balita jangan takut dan ragu lagi untuk membawa anaknya masuk program di posyandu dan puskesmas. Sehingga anak kita bisa tercegah dari penyakit termasuk didalamnya difteri” jelas dr. Hikmah.

Dalam kegiatan sosialisasi bahaya difteri ini juga diisi dengan kegiatan posyandu Menur II berupa pemberian Vitamin A secara simbolis oleh drg. Erwin dan Kasdim 0908 kepada balita.

Diakhir kegiatan, Wakil Ketua Persit KCK cabang XX Kodim 0908/Btg Ny. Aan Musanif menyampaikan bahwa keberadaan Persit Kodim 0908/Btg dengan berbagai program-programnya juga turut mendukung program dari Pemerintah Kota Bontang.

“Persit Kodim 0908/Btg siap memdukung program program pemerintah yang telah dicanangkan oleh Ibu Walikota Bontang termasuk didalamnya program kesehatan Ibu dan anak”, ungkapnya.