Home / Buletin Militer / Pasukan Siaga Banjir, Korem 091/ASN Diterjunkan Bantu Warga

Pasukan Siaga Banjir, Korem 091/ASN Diterjunkan Bantu Warga

SAMARINDA– Ratusan Prajurit Korem 091/Aji Surya  Natakesuma (ASN) khususnya Kodim 0906/Tenggorong masih disiagakan di wilayah Kab. Kutai Kartanegara, yang menggelamkan beberapa desa yakni Kel. Loa Ipuh, desa Male, desa Jembayan, desa Sungai Payang dan Long Anai, Senin (26/3/2018).

Kedatangan Pasukan ini yang datangan beberapa hari sebelum musibah datang, sangat dinantikan oleh warga yang benar-benar membutuhkan pertolongan. Dengan kemampuan dan didukung peralatan yang cukup memadai,  berhasil mengevakuasi warga dan barang-barang ketempat yang aman.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, SE mengatakan “Banjir akibat luapan sungai Bekotok masih terjadi di wilayah Kodim 0906/Tenggarong terutama di Kec. Tenggarong Kel Loa Ipuh dan Desa Male dengan ketinggian air 50-60 cm mengakibatkan 943 rumah (917 KK) terendam banjir.

Untuk wilayah Kec. Loakulu di Desa ketinggian air 0,3 – 1 meter mengakibatkan 244 rumah terendam banjir, Desa Jembayan dengan ketinggian air 1.5 meter, megakibatkan 168 rumah terendam banjir, Desa Jembayan Tengah dengan ketinggian 1 meter, mengakibatkan 100 rumah terendam banjir, Desa Sungai Payang dengan ketinggian air 4-5 meter, mengakibatkan 100 rumah terendam dan Desa Long Anai dengan ketinggian air 4-5 meter mengakibatkan 60 rumah terendam.

Untuk kerugian satu Rumah dapur milik warga Sungai Payang hayut terbawa banjir dan satu rumah rusak. Mengingat air belum surut Kodim 0906 Tenggarong akan terus menyiagakan 24 jam guna membantu warga yang kena musibah banjir.

Sedangkan Kepala Desa Desa Sungai Payang Rusdin menuturkan, kedatangan pasukan TNI  ini  sangat meringankan beban warga, kami berterimakasih sekali para prajurit TNI AD khususnya Korem 091/ASN.