Home / Buletin Militer / TUMPAHAN MINYAK TELUK BALIKPAPAN KODIM 0913/PPU TURUN TANGAN BANTU BERSIHKAN PANTAI PENAJAM

TUMPAHAN MINYAK TELUK BALIKPAPAN KODIM 0913/PPU TURUN TANGAN BANTU BERSIHKAN PANTAI PENAJAM

PENAJAM.  Tumpahan bahan bakar minyak di perairan Teluk Balikpapan pada Sabtu, 31 Maret 2018, mencemari pesisir pantai Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Panjang pantai yang tercemar mencapai 13,9 kilometer dengan ketebalan mencapai 1 sentimeter.

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kodim 0913/PPU, Polres dan Satpol PP melakukan penyemprotan untuk membersihkan material minyak yang mencemari pesisir pantai, Selasa (3/4/2018).

Letkol CZI Dwi Imam Subagyo mengatakan “Wilayah terdampak dimulai dari Kelurahan Penajam hingga Buluminung, Kecamatan Penajam, karena terbawa arus laut. Tumpahan BBM itu juga menumpuk di pelabuhan perahu cepat dan klotok (kapal kayu), serta pelabuhan feri”.

“Tim penyemprotan sudah bergerak ke titik titik wilayah pemukiman yang masih terdapat bias minyak di permukaan laut sekitar rumah warga.1 (satu) unit armada laut BPBD bergabung dengan Tim SAR gabungan di Pelabuhan semayang Balikpapan untuk melakukan pencarian satu orang yang masih diduga hilang/tenggelam an. Sutoyo”, jelas Dandim.