Home / Buletin Militer / Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku Bantu Petani ke Sawah Tanam Padi Dengan Alat Transplanter

Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku Bantu Petani ke Sawah Tanam Padi Dengan Alat Transplanter

PENAJAM. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 04/Sepaku jajaran Kodim 0913/PPU membantu petani dalam penyiapan lahan tanam dengan melakukan pembajakan sawah, pembibitan, tanam padi, monitoring kesuburan tanaman hingga saat panen padi di wilayah masing-masing, Kamis, 05/04/2018.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku, Serda Samsul Anwar melaksanakan pendampingan petani dalam penanaman padi menggunakan alat mesin pertanian jenis transplanter di Desa Wonosari Kecamatan Sepaku.

Dengan adanya mesin transplanter ini dapat membantu menyelesaikan pekerjaan para petani untuk menanam padi. Alat ini hasir untuk mempermudah pekerjaan petani. Dengan adanya alat ini pertanian akan beralih menggunakan alat-alat modern, yang lebih praktis untuk menanam padi.

Mesin transplanter adalah mesin tanam. Alat yang dinamakan transplater ini kehadiran mesin transplanter di Indonesia mengubah sistim cocok tanam padi dari tradisional menjadi modern. Karena dengan transplanter, petani mendapatkan banyak kemudahan.

Seperti jarak lubang tanam, jumlah bibit tiap lubang, operator cukup satu orang dan tentunya pekerjaan dapat diselesaikan jauh lebih cepat.selain itu bisa menggantikan tenaga kerja manusia untuk menanam padi di persawahan dengan keunggulan irit bahan bakar, dengan rasio 1 liter bensin untuk 1 hektare sawah.

Penyiapan bibit untuk transplanter tidak sama dengan pembuatan bibit untun tanam tradisional. Penyiapan bibit untuk menanam dengan transplanter dilakukan dengan menggunakan nampan ukuran 30 X 50 cm. Media bibit menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang yang di saring dahulu. Selanjutnya, perawatan bibit dengan pengairan yang cukup dan pemupukan hari ke-5, dan 10. Pada hari ke 12-15 bibit siap tanam.

Danramil 0913-04/Sepaku Kapten Inf Priyanto untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan.

Sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional
Tanam padi itu merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan.