Home / Buletin Militer / KODIM 0908/BTG GELAR LATIHAN POSKO, TINGKATKAN KEMAMPUAN PENANGANAN KONFLIK KOMUNAL DI BONTANG

KODIM 0908/BTG GELAR LATIHAN POSKO, TINGKATKAN KEMAMPUAN PENANGANAN KONFLIK KOMUNAL DI BONTANG

BONTANG – Guna mencegah terjadinya konflik komunal di Kota Taman, Kodim 0908/Bontang (Btg) menggelar latihan posko I waspada ke-56, Rabu (18/4/2018) kemarin. Kegiatan bertajuk “Kodim Melaksanakan Tugas Bantuan kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Penyelesaian Konflik Komunal di Daerah” itu digelar di Lamin Makodim 0908/Btg Jalan Awang Long, Bontang Baru.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Kepala Staf Korem (Kasrem) 091/ASN Kolonel Inf Frenki U Riupasa, Kasi Intel Korem 091/ASN Kolonel Inf Prio Eko Widodo, Kasi Ops Korem 091/ASN Kolonel Inf Eben Lumban Tobing, Dandim 0908/Btg Letkol Arh Gunawan Wibisono, Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, Ketua DPRD Nursalam, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), perwakilan perusahaan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H Umar, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Bontang.

Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenki Riupasa mengatakan, latihan posko I dalam rangka penyelesaian konflik komunal di daerah Bontang ini dilakukan untuk melatih tentang bagaimana prosedur hubungan komando antara Komandan Kodim (Dandim) dengan stafnya baik dalam segi perencanaan maupun hingga pengakhiran konflik komunal. Selain itu, juga melatih Dandim dalam hal berkomunikasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait baik dari pemerintah daerah maupun dari Polri.

Kasrem menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Kodam VI/Mulawarman yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Lewat latihan ini, akan menuntut kesiapan prajurit Kodim 0908/Btg dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi terutama konflik komunal di wilayah teritorialnya.

“Harapan kami, keberadaan Kodim 0908/Btg dapat bermanfaat dan memberikan perlindungan kepada masyarakat Bontang sehingga selalu terciptanya suasana yang kondusif,” pungkasnya.