Home / Buletin Militer / BABINSA KORAMIL 0903-13/TPU HADIRI DESA SEHAT DAN DESA SIAGA.

BABINSA KORAMIL 0903-13/TPU HADIRI DESA SEHAT DAN DESA SIAGA.

Tanjung Selor. Babinsa Koramil 0903-13/TPU Serda Tampu Bolon menghadiri terpilihnya Desa Pimping/TPU sebagai Desa Sehat dan Desa Siaga oleh Dinas Kesehatan kab. Bulungan melalui Puskesmas/TPU, (20/04/2018).

Adapun peserta yang hadir Kepala puskesmas TPU Diah Naning beserta rombongan, Kepala Desa Pimping Rosmawar, Rw dan Rt beserta Warga Desa Pim  Ping.

Tim Puskesmas TPU melakukan pembinaan yang meliputi kesiapan masing-masing tatanan baik secara administrasi, kegiatan dan dokumentasinya.  Tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan tertib lalulintas dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, Kehidupan sosial yang sehat. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan mandiri.

Babinsa 0903-13/TPU Serda Tampu Bolon mengatakan bahwa, terbentuknya “Desa Siaga dan Desa Sehat” di Desa Ping-ping ini, bertujuan agar masyarakat sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB (Kejadian Luar Biasa), kejadian bencana, kecelakaan dan lain-lain dengan memanfaatkan potensi setempat secara gotong-royong sehingga derajat kesehatannya meningkat.

Desa siaga aktif bertujuan untuk menjadikan masyarakat peduli terhadap masalah kesehatan, tanggap dalam memecahakan masalah kesehatan secara mandiri yang di wilayahnya dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.