Home / Buletin Militer / TMMD GAIRAHKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG

TMMD GAIRAHKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG

TANA PASER- Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0904/Tanah Grogot (TNG) di Desa Suliliran Baru, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, mampu menyegarkan kembali semangat gotong royong di kalangan warga Desa Suliliran Baru.

Tampak Silih berganti warga datang dan membantu personel TNI di lokasi kegiatan TMMD tersebut.

Menurut komandan Kodim 0904/TNG Arh. Ardian Patria Chandra, TMMD  merupakan program TNI yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim dengan sasaran langsung ke masyarakat.

“Program TMMD ini dilakukan jajaran Kodim dalam kurun waktu dua tahun sekali, dengan sasaran langsung bersentuhan dengan masyarakat desa, saat ini kegiatan TMMD dilaksanakan di Desa Suliliran Baru,” ujar Ardian.

Koordinator umum TMMD ke-101 Kodim 0904/TNG Kapten Inf Sagiyon menyampaikan, kegiatan TMMD terbagi menjadi 2 kegiatan, yaitu kegiatan fisik dan kegiatan non fisik.

“Untuk kegiatan Fisik yang saat ini kami kerjakan berupa pembuatan badan jalan dengan progres saat ini sudah mencapai 1.350 meter dari 4.000 meter yang direncanakan, pembuatan rumah layak huni semi permanen saat ini sudah mencapai progres 60%, pembuatan jembatan sudah diselesaikan 1 unit dari 3 unit yang direncanakan, pemasangan gorong-gorong sudah mencapai 50%, pembangunan 3 unit Pos Kamling sudah mencapai progres 60%,” jelasnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat untuk bergotong royong semakin meningkat. Kemarin, warga yang datang membantu mencapai 15 orang di masing-masing titik pelaksanaan TMMD.

“ Hari ini ada peningkatan jumlah warga yang turun membantu kegiatan TMMD ini, tadi waktu saya patroli di lokasi pembangunan salah satu Pos Kamling ada sekitar 5 orang yang datang membantu, di lokasi yang lain juga ada warga yang datang,” ujarnya.

Kegiatan non fisik yang dilaksanakan Senin (16/4/2018) di Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri 1 Pasir Belengkong. “Tadi kami sudah melaksanakan kegiatan non fisik berupa sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI dan penyuluhan Narkoba dengan peserta mencapai 90 siswa,” bebernya.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 20 Khoiruddin mengaku senang dengan program TMMD 101 kodim 0904/TNG. Pasalnya, ia sudah lama ingin membuat pos kamling di lingkungan RT 20 tetapi terkendala anggaran. “Sudah lama mengharap dibangunnya Pos Kamling di RT, 20, karena disini sebagai gerbang awal jika hendak memasuki Desa Suliliran Baru,” ungkapnya.