Home / Buletin Militer / Kodim Kutai Timur Gelar Gladi Posko Cegah Kebakaran

Kodim Kutai Timur Gelar Gladi Posko Cegah Kebakaran

KUTAI TIMUR, – Kodim 0909/Sangatta, Kabupaten Kutai timur (Kutim) menggelar Gladi Posko I tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan menyiagakan lebih dari 100 personil TNI yang di pusatkan di Makodim,Senin (23/4/2018).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Inf kamil bahren Pasha akan berjalan hingga rabu mendatang.

Gladi posko I langsung dibuka oleh Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan yang diwakili Kasi Ops Kolonel Inf Eben Ezer L Tobing, dengan didampingi oleh Bupati Kutim, Ismunandar.

Danrem dalam sambutannya mengungkapkan, secara khusus gladi posko di lakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha. Selain itu, melatih komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando.

“Kegiatan Gladi Posko ini merupakan bentuk latihan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan kegiatan yang telah dipelajari atau yang telah diajarkan sebelumnya,” terangnya.

Menurutnya, jajaran TNI harus mampu berdampingan dengan instansi terkait dalam penangan bencana. Pasalnya, Kodim Sangatta ini menurutnya memiliki peran penting untuk menciptakan stabilitas keamanan dalam rangka terwujudnya pertahanan kewilayahan.

“Melalui Kegiatan ini diharapkan bila terjadi bencana yang sesungguhnya tidak lagi ada kecanggungan dalam penanganan. Termasuk dalam pola koordinasi maupun pembagian tugas,” terangnya.