Home / Buletin Militer / Gelar Penyuluhan Hukum Dan Pelayanan Kesehatan, Tim Setjen Kemhan RI Dibuat Bangga Dengan Warga Perbatasan

Gelar Penyuluhan Hukum Dan Pelayanan Kesehatan, Tim Setjen Kemhan RI Dibuat Bangga Dengan Warga Perbatasan

NUNUKAN. Kunjungan yang dilaksanakan oleh Tim Setjen Kemhan RI bidang Hukum dan Kesehatan Jakarta di wilayah Kodim 0911/Nunukan pada hari selasa kemarin (24/04) disambut dengan hangat di Bumi Penekindi Debaya Nunukan. Pasalnya kunjungan kerja tersebut diagendakan akan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa penyuluhan hukum dan pelayanan kesehatan pengobatan massal di Kecamatan Sei Manggaris tepatnya di Desa Sekaduyan Taka.

Pada pagi hari ini tadi sekitar pukul 08.30 wita (25/04/2018) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Kanduangan Kecamatan Sei Manggaris telah dilaksanakan acara pembukaan kegiatan penyuluhan Hukum dan pelayanan kesehatan oleh Tim Setjen Kemhan RI yang bekerja sama dengan Kodim 0911/Nunukan dan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan Tim Setjen Kemhan RI sebanyak 13 orang sebelumnya sudah masuk terlebih dahulu di wilayah kecamatan Sei Manggaris pada kemarin sore.

Diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta rangkaian acara.

Tim Setjen Kemhan RI menyatakan bangga dengan antusiasme dan semangat para warga perbatasan, hal tersebut dikarenakan warga yang hadir tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Dengan jumlah ratusan warga yang hadir langsung memenuhi area BPU dan membuat Rombongan Tim Kemhan sangat bangga sekaligus terkejut.

“Kami sangat bangga dengan warga perbatasan, kami disini disambut dengan hangat dan penuh antusias semangat warganya apalagi dengan kehadiran bapak dan ibu yang sebanyak ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk para warga kedepannya. Bahwa pemahaman tentang hukum dan kesahatan itu sangatlah penting apalagi di wilayah Perbatasan Indonesia – Malaysia seperti ini”, tutur Kolonel Chk Widarsono, SH, MH Kabag Luhkum Rokum Setjen Kemhan RI.

Sebanyak 975 orang yang turut berpartisipasu dalam kegiatan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian yakni Kegiatan penyuluhan hukum diikuti sebanyak 150 orang, pelayanan kesehatan warga sebanyak 450 orang, Poli gigi sebanyak 75 orang termasuk didalamnya ada sesi gosok gigi bersama para siswa SD serta diakhir rangkaian kegiatan ada pembagian sembako gratis kepada 300 orang.

Pada kegiatan penyuluhan hukum, warga diberikan pemahaman tentang materi cinta tanah air dan wawasan kebangsaan terlebih dahulu oleh pemateri Kolonel Chk Eko Karyadi, SH, MH.

“Jaga dan pertahankan Ideologi Negara, Pancasila dimanapun kita berada. Jangan pernah terpengaruh dengan ideologi lainnya karena bangsa kita sudah kuat dan pancasila sudah sesuai dengan pandangan hidip Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga tinggal kita pertahankan dari segala ancaman yang menghadang. Bahwa bapak-bapak sekalianlah yang merupakan kekuatan terbesar untuk bersama-sama membantu TNI dalam menjaga perbatasan ini”, tutur Pemateri kepada para warga.

Aula gedung BPU Desa Kanduangan tampak penuh dengan para warga yang mengantri untuk mendapat pelayanan kesehatan dan sembako gratis serta penyuluhan hukum oleh Tim Setjen Kemhan RI.

Kegiatan yang diikuti sebanyak kurang lebih ribuan jumlahnya dari berbagai lapisan masyarakat ini berjalan dengan sukses. Selama kegiatan, berjalan dengan aman dan lancar. Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 13.00 wita.