Home / Buletin Militer / MUSIM PENGHUJAN TIBA, BABINSA DAN PARA PETANI BERGOTONG ROYONG TANAM PADI

MUSIM PENGHUJAN TIBA, BABINSA DAN PARA PETANI BERGOTONG ROYONG TANAM PADI

SAMARINDA – Memasuki musim penghujan di tahun 2018, Babinsa Koramil 0901-02/Samarinda Ilir Serka Iswandi mendampingi petani di Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan milik Kelompok Tani Bina Karya, Rabu (16/5/2018).

Untuk membantu petani menanam padi di musim hujan dan percepatan masa tanam padi Babinsa melakukan pendampingan penanaman padi sampai dengan minggu Pertama ( III ) bulan Mei 2018 dengan luas lahan 35 Ha, yang terbagi di Kelompok Tani Karya Bhakti 30 Ha dan Kelompok Tani Duta Tani 15 Ha.

Babinsa menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan ‘jajar legowo’ dengan harapan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

Saat ini, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam dengan memakai ‘jajar legowo’ Tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

Para petani berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.