Home / Buletin Militer / Danrem Tekan Netralitas Pilkada Adalah Suatu Kehormatan

Danrem Tekan Netralitas Pilkada Adalah Suatu Kehormatan

SAMARINDA. Serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD khususnya jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalisme dan mampu melaksanakan tugas – tugas kewilayahan, yaitu Menyiapkan potensi wilayah untuk dijadikan kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara.

Hal ini yang dilaksanakan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) pada Upacara Serah Terima Jabatan Kepala Staf Korem 091/ASN dari Kolonel Kolonel Inf Frengky E. Riupassa, S. Sos, kepada Kolonel Inf Ruslan Effendy, Kasi Ops Korem 091/ASN Kolonel Inf Eben Ezer Lumban Tobing, S.AP kepada Kolonel Inf Hendri Wijaya, SE dan Kasi Log Korem 091/ASN Kolonel Inf Tri Haksoro kepada Letkol Inf Erwin Ferdinad Barends di Hall Makorem Jl. Gajah Mada No. 11, Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu (19/5/2018).

“Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama pribadi dan Komando  mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah, mudah mudahan di bulan suci Ramadhan ini akan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita serta amal ibadah kita senantiasa diterima dan mendapat ridho dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa”, ucap Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos.

“Jabatan Kepala Staf Korem adalah suatu jabatan  yang mempunyai tugas dan tanggung  jawab sebagai koordinator seluruh Perwira Staf dalam menjalankan kegiatan satuan. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Staf Korem membantu Danrem dalam mengkoordinasikan dan membina unsur-unsur pembantu pimpinan, pelayanan dan pelaksana serta tugas lain yang diberikan secara khusus oleh Danrem. Selain itu Kepala Staf mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mendinamisasikan kegiatan staf serta mewujudkan pembinaan administrasi internal guna memacu kinerja organisasi”, jelasnya.

Selanjutnya kepada para pejabat lain yang juga melaksanakan serah terima jabatan hari ini, agar segera mempelajari dan memahami tugas dan tanggung jawabnya ditempat penugasan yang baru. Saya berharap agar pergantian jabatan ini dapat memberikan angin segar atau semangat baru, tingkatkan integritas, profesionalitas dan produktifitas dalam bekerja di lingkungan organisasi.

Sebentar lagi kita akan melaksanakan Pilkada secara langsung dan Pilpres 2019, berbagai benturan kepentingan diperkirakan akan semakin tinggi intensitas dan eskalasitasnya serta sulit diprediksi, sehingga menyimpan potensi ancaman yang tidak kalah bahayanya bagi kelangsungan hidup NKRI apabila tidak dikelola dengan baik.

TNI AD harus terus mawas diri dari kemungkinan terseret ke dalam politik praktis. Kita harus tetap netral dan menjadi institusi yang mampu mengawal proses demokrasi di Negara ini.   Saya ingin tegaskan agar sikap netralitas dan memegang teguh ketentuan demokrasi harus dijunjung tinggi .  Jangan biarkan prajurit kita, baik perorangan maupun satuan terpengaruh atau dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis.

Rangkaian kegiatan acara ini yakni penyematan tanda jabatan yang dilakukan oleh Danrem 091/ASN Kolonel Inf Irjham Waroihan S. Sos dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan Kasrem dan juga pembacaan serta Penanda tanganan Pakta Integritas. Dan usai acara pokok, dilanjutkan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN yang dilakukan pejabat baru maupun mantan pejabat Korem 091/ASN.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Para Kasi Korem 091/ASN, para Komandan Kodim se jajaran Korem 091/ASN, para Komandan satuan dan Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ketua serta ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.

Selanjutnya Kolonel Inf Frengky E. Riupassa, S. Sos menempati jabatan baru sebagai Irdam XVIII/Kasuari. Sedangkan Kolonel Inf Ruslan Effendy sebelumnya menjabat Aspers Kasdam III/Sliwangi.

Sedangkan Kolonel Inf Eben Ezer Lumban Tobing, S.AP menempati jabatan baru sebagai Staf Ahli Pangdam VI/Mlw Bidang Sosbud sedangkan Kolonel Inf Hendri Wijaya, SE Dandim 0905/Balikpapan. Kolonel Inf Tri Haksoro menempati jabatan baru sebagai Pamen Denma Mabesad Letkol Inf Erwin Ferdinad Barends sebelumnya menjabat Waaslog Kasdam XIV/Hasanuddin.