Home / Buletin Militer / Sinegritas dan Mendukung Pilkada Serentak 2018, Gelar Apel Tiga Pilar

Sinegritas dan Mendukung Pilkada Serentak 2018, Gelar Apel Tiga Pilar

Penajam  – Polres Penajam Paser Utara menggelar Apel bersama tiga pilar di Mapolres Penajam Paser Utara yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kades, Senin (04/06/2018).

Apel ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan dan kesiapsiagaan dalam rangka meningkatkan sinegritas dan mendukung Pilkada Serentak 2018, Guna Mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten  Penajam Paser Utara”

Bhayangkara Pembina Kamtibmas, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Kepala Desa, guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan peran dan fungsi aparat pemerintahan dan aparat keamanan.

Bupati Penajam Paser Utara., Drs. Yusran Aspar, Msi bertugas menjadi Inspektur dalam Upacara Apel Bersama Tiga Pilar, didampingin Dandim 0913/Penajam Paser Utara., Letkol. Czi Dwi Imam Subagiyo, S.T,  Kapolres Penajam Paser Utara,  AKBP. Sabil Umar  SIK,.

Hadir juga Kajari  Penajam Paser Utara, Danramil  jajaran Kodim 0913/PPU, Kapolsek Jajaran Polres PPU, Lurah dan Kades Se Kabupaten Penajam Paser Utara.  Sedangkan sebagai peserta Upacara, seluruh jajaran Bhayangkara Pembina Kamtibmas, Bintara Pembina Desa (Babinsa) danLurah /  Kepala Desa se-Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegiatan ini juga guna mensinergikan peran ke tiga pilar harus memegang prinsip yang harus dilaksanakan bersama-sama, yaitu :

Kami anggota tiga pilar ( Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa/Lurah ) Kabupaten Penajam Paser Utara pada hari senin 4 Juni 2018 berikrar ;

  1. Siap mengamankan dan menyukseskan / Pilkada serentak 2018 / secara aman dan damai di Kabupaten Penajam Paser Utara

  1. Berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menolak paham Radikalisme / dan aksi terorisme / di Kabupaten Penajam Paser Utara.

  1. Berperan aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat / agar menolak segala bentuk / berita bohong atau hoax / yang menimbulkan rasa kebencian / permusuhan / berlatar belakang suku / agama / ras dan antar golongan.

  1. Mendukung aparat pemerintah dan keeamanan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Penajam Paser Utara

Dalam sambutannya, Bupati Penajam Paser Utara Drs H. Yusran Aspas Msi  mengatakan,” Apel hari ini sebagai komitmen dalam menciptakan sinerginitas dalam memberantas aksi terorisme, narkoba dan Pilkada di Kabupaten Penajam Paser Utara,”

Sarana Tiga Pilar memiliki makna dan tujuan yang sangat strategis, Karena sendi kehidupan bangsa dan negara berawal dari desa dan kelurahan,  Forum tiga pilar harus dapat membimbing masyarakat, bagi terciptanya pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman masyarakat di desa. Forum tiga pilar juga harus membina partisipasi masyarakat dalam rangka membina keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.  saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Penajam Paser Utara yang telah menggagas acara apel bersama tiga pilar, yang sangat baik, guna Cipta kondisi dan menciptakan kekompakan, Sinergi dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam apel bersama tiga pilar ini

Sedangkan Sambutan Dandim 0913/PPU Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo, S.T, “ Pembangunan kamtibmas merupakan salah satu langkah dlm menegakkan kedaulatan NKRI,”  Dari momentum apel tiga pilar ini semakin mmperkokoh ikatan dalam semangat silaturahmi harmonisasi kebersamaan dan soliditas antara TNI & POLRI serta unsur unsur terkait lainnya,” Bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa merupakan tiga pilar ujung tombak dalam pembangunan di pedesaan. sebagai ujung tombak di wilayah Desa. Selain melaksanakan deteksi dan pencegahan Dini, juga melakukan pemetaan kerawanan potensi konflik di setiap daerah. Di samping itu, keberadaan forum tiga pilar digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat, dari lapisan yang paling bawah, apabila ada permasalahan atau kejadian-kejadian yang meresahkan masyarakat forum tiga pilar harus tahu dan segera tanggap, supaya tercipta situasi kondisi yang aman dan kondusif dalam menyelesaikan persoalan masyarakat. Ke tiga pilar ini membangun komunikasi secara berkala dan transparan

Sambutan, Kapolres PPU AKBP Sabil Umar SIK,  menerangkan, pentingnya koordinasi setiap tiga pilar ini guna mengetahui situasi dan kondisi disetiap wilayah masing-masing. Menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif, dibutuhkan suatu dukungan dan kerjasama antara semua pihak secara bersama-sama dengan masyarakat di sekitarnya, serta tidak lepas dari dukungan instansi pemerintahan daerah, maupun aparatur negara secara bersamaan sinergitas, dan komunikasi yang baik sangat penting untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.  karena tanpa koordinasi dan konsolidasi rutin, kita tidak bisa memantau situasi dan kondisi wilayah kita. Dan kita harus siap dan harus paham situasi wilayah kita,” ucap Kapolres Sabil Umar,  dihadapan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kepala Desa se -Kabupaten Penajam Paser Utara.