Home / Buletin Militer / Patroli Gabungan TNI – POLRI Rutin Untuk Meminimalisir Gangguan Keamanan

Patroli Gabungan TNI – POLRI Rutin Untuk Meminimalisir Gangguan Keamanan

Samarinda- Guna meningkatkan keamanan di wilayah anggota Kodim 0901/Samarinda (Smd) melaksanakan  patroli rutin bersama jajaran Polresta Samarinda, hal tersebut dirasa penting terutama saat malam hingga menjelang pagi hari, Rabu (6/6/2018).

Patroli gabungan TNI – POLRI yang dilakukan menyasar di daerah-daerah wilayah hukum Kodim 0901/Smd khususnya di tempat-tempat Ibadah dan obyek vital, kegiatan tersebut dilakukan selama bulan Ramadhan guna meminimalisasi terjadi gangguan keamanan di masyarakat.

Menurut pengakuan masyarakat warga melakukan ronda secara aktif, kami dibantu oleh pihak Kodim 0901/Smd dan Polresta Samarinda. Jadi sangat terbantu dengan adanya patroli tersebut, ujar Suwono (45) satu di antara warga Kelurahan Karang Asam Kecamatan Samarinda Ulu.

Apa lagi jelang Lebaran, pasti warga harus ekstra melakukan pengawasn dengan ronda, karena biasanya para pelaku tindak kejahatan melakukan tindak kriminal dengan cara mencuri jelang Lebaran,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0901/Smd Letkol Kav. M Arifin SH mengatakan, potensi gangguan keamanan rawan terjadi pada bulan puasa, terutama tindak pencurian saat pemilik rumah sedang melaksanakan Shalat Taraweh dan Shalat Subuh di masjid.

“Dengan melakukan kegiatan patroli rutin diharapkan potensi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat bisa diminimalisasi. Kami juga berharap seluruh lapisan masyarakat membantu menjaga keamanan wilayah masing-masing, dengan giat tersebut pihaknya ingin menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat’, tuturnya.

“Selain menjaga keamanan wilayah masing-masing, kami menghimbau masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang sifatnya provokatif yang menimbulkan konflik antar kelompok. Dan informasi yang ada ditengah-tengah masyarakat hendaknya dicek kebenarannya dan jangan sampai salah bertindak,” tutupnya.