Home / Buletin Militer / Danrem : Al Qur’an Landasan Sikap Moral  Dalam Menjalankan kehidupan Sehari Hari.

Danrem : Al Qur’an Landasan Sikap Moral  Dalam Menjalankan kehidupan Sehari Hari.

SAMARINDA. Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) gelar peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1439 Hijriyah/2018 Masehi di Masjid Baitussalam Korem 091/ASN Jl. Gajah Mada No 11 Samarinda Kaltim Senin Malam (11/6/2018).

Usai menjalankan sholat Tarawih berjamaah, kegiatan dilanjutkan acara peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1439 Hijriyah/2018 Masehi  yang diikuti oleh ratusan prajurit dan PNS, Persit Kartika Chandra Kirana Jajaran Korem 091/ASN beserta masyarakat.

Dalam sambutan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos yang dibacakan Kasi Pers Korem 091/ASN Kolonel Inf Andi Kusworo mengatakan Peringatan Nuzulul Qur’an pada tahun ini 1439 Hijriah diselenggarakan dengan maksud untuk menyemarakkan syiar Islam, sekaligus juga mengingatkan dan mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk selalu memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Seperti Firman Allah SWT dalam surah         Al-Baqaroh ayat 185 yang artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda antara yang hak dengan yang batil”.

Dalam ayat tersebut disampaikan bahwa Al Qur’an di turunkan pada bulan suci Ramadhan dan merupakan kitab suci yang memberi petunjuk bagi umat islam agar menjadi orang-orang yang beriman, jelas Danrem

Dengan peringatan Nuzulul Qur’an ini kita semua bisa berpedoman kepada kitab Suci Al Qur’an yang memberi petunjuk agar setiap manusia memiliki keimanan yang kuat, teguh dalam beribadah, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini adalah “Dengan  Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1439 H/2018 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan pada Allah SWT sebagai Landasan Moral dalam Melaksanakan Tugas Pokok TNI”.  Tema ini sangat tepat karena mengandung makna untuk menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan kita, tidak hanya dalam hubungan antara makhluk dengan khalik-Nya tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara khususnya dalam kehidupan Prajurit dan PNS.  Al Qur’an harus menjadi landasan sikap moral bagi setiap prajurit dan PNS dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Ustazd KH. Wajihuddin, (Pengasuh Ponpes Nurul Amin), dalam ceramahnya menyampaikan ” Pada malam hari ini kita bersyukur kepada Allah Swt atas berkat dan rahmatnya kita masih bisa berkumpul di tempat ini untuk memperingati malam Nuzulul Quran.

Al Qur’an di turunkan oleh Allah Swt pada bulan suci ramadhan adalah kebenaran jangan sedikit pun engkau dengan ayat-ayat Al Qur’an,  Al Qur’an adalah sebagi kitab suci umat Islam yang memberi petunjuk bagi umat Islam agar menjadi orang orang yang beriman.