Home / Buletin Militer / Bentuk Sikap dan Karakter Siswa MTSN 2, Koramil 0913-02/Waru Berikan PBB Dan Wasbang

Bentuk Sikap dan Karakter Siswa MTSN 2, Koramil 0913-02/Waru Berikan PBB Dan Wasbang

PENAJAM – Dalam rangka membentuk sikap dan karakter siswa baru melalui kegiatan masa orientasi Siswa (MOS)  MTsN 2 PPU, anggota Koramil 0913-02/Waru  memberikan Pelatihan Baris Berbaris dan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa baru MTsN 2 PPU, Rabu, 11/7/2018.

Serda H. Nenggolan  selaku koordinator dalam kegiatan tersebut mengatakan pembentukan karakter generasi muda bangsa adalah tujuan utamanya, didasari dengan kedisiplinan dan ketekunan oleh seluruh peserta yang terdiri dari putra-putri bangsa yang berdedikasi, pola pikir dan bertingkah laku terpuji maka akan tercipta anak bangsa yang berjiwa Pancasila dan berwawasan kebangsaan.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya melatih kedisiplinan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja serta memberikan pelatihan mental dan fisik kepada siswa/siswi dalam membentuk mental dan karakter siswa.  Kegiatan baris-berbaris ini juga untuk melatih kedisiplinan, selain membentuk mental dan karakter anak agar semakin baik dan kuat,” tambahnya.

Ditambahkan pula oleh Serda H. Nenggolan  bahwa disamping itu latihan ini juga dapat meningkatkan solidaritas, kekompakan dan kebersamaan dan tentu mengajarkan ilmu kedisiplinan, Pelatihan PBB juga berfungsi untuk melatih dan mengajarkan kekompakan, rasa kebersamaan antar sesama siswa sehingga kenakalan remaja dapat dicegah.

“Sebagai anggota TNI wajib ikut serta dalam membentuk dan membina sikap,  karakter dan kepribadian generasi muda khususnya siswa sehingga diharapkan moral dan etika siswa dapat terbina, baik dalam pergaulan di lingkungan rumah,  sekolah maupun pergaulan dengan sesama teman,” pungkas Serda H. Nenggolan  .

Kepala sekolah MTsN 2 PPU menyampaikan bahwa pihaknya menilai belum terlihat sikap kedisiplinan dari siswa. “Untuk itulah kami bekerja sama dengan bapak-bapak TNI dari Koramil 0913-02/Waru  untuk melatih siswa berupa kedisiplinan dan bela negara,” ujarnya.

Kepala sekolah juga mengatakan bahwa latihan ini sangat diperlukan mengingat sekarang tengah terjadi krisis cinta tanah air dan disintegritas. Untuk itulah sekolah menjembatani agar hal itu jangan sampai terjadi pada diri siswa.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan sikap dan karakter siswa dapat terbentuk lebih disiplin sehingga tidak terjadi lagi kenakalan remaja khususnya di 0913-02/Waru  ,” harap Kepala sekolah.