Home / Buletin Militer / Babinsa Dan Babinkamtibmas Geodemokonsos Kepada Mahasiswa KKN

Babinsa Dan Babinkamtibmas Geodemokonsos Kepada Mahasiswa KKN

Samarinda– Babinsa Koramil 0901-03/Samarinda Seberang Kodim 0901/Smd, Serda Edy P memberikan pengarahan kepada Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Mulawarman Samarinda ( UNMUL ), selama melaksanakan KKN, kegiatan ini bertempat di Kantor Kelurahan Rapak  dalam Jalan KH Harun Nafsi Perum GemilangKecamatan Loa Janan Ilir Rabu(11/07/18).

Dalam arahannya Babinsa mengatakan, pola kehidupan masyarakat adalah kebiasaan dalam suatu kehidupan. Seperti contoh pola kehidupannya dapat dinilai dari cara manusia mencari kebutuhan, dalam suatu desa terdapat pola kehidupan kasta, dimana masih adanya masyarakat yang membedakan nilai antara orang kaya dengan orang miskin, kedudukan masyarakat kalangan keluarga kerajaan dengan masyarakat biasa.

Hal itu adalah contoh pola kehidupan dalam kehidupan masyarakat. Jika dilihat dari pola hidup keanekaragaman pencarian nafkah, dapat diumpamakan masyarakat yang tinggal di area pegunungan akan banyak menekuni lapangan pekerjaan petani, berbeda dengan masyarakat di sekitar pantai.

Bisa dikatakan pola kehidupan juga disesuaikan dengan habitat tempat makhluk hidup tersebut tinggal, Karena pola itu adalah kebiasaan, dan secara tidak langsung makhluk hidup pastilah akan menyesuaikan pola hidupnya dengan alam sekitar.Makhluk hidup dengan lingkungan tertentu membentuk pola kehidupan yang khas, sehingga ditemukan berbagai pola kehidupan dengan kekhasan masing-masing. Adanya perbedaan lingkungan menyebabkan timbulnya berbagai pola kehidupan.

Pola kehidupan dapat dibagi dalam tiga bagian, yaitu:pola kehidupan di darat, di air, dan pola kehidupan yang khas. Bentuk pola hidup masyarakat tidak hanya menyangkut lapangan pekerjaan pendidikan dan kehidupan keluarga belaka, tetapi jauh dari itu meliputi keorganisasian masyarakat sosial, upacara dan adat istiadat yang berlaku serta kehidupan keragamaan, namun dalam suatu masyarakat atau desa terdapat beberapa pola hidup, selain arahan tentang pola hidup masyarakat, juga diberikan arahan tentang (Karhutla) serta agar di sosialisasikan juga kepada masyarakat selama KKN di tempat ini, Tutur Serda Edy P.