Home / Buletin Militer / Prajurit Kodim 0903/Tsr Sosialisasi Pemasangan Regulator Dan Penanganan Bahaya Kebocoran

Prajurit Kodim 0903/Tsr Sosialisasi Pemasangan Regulator Dan Penanganan Bahaya Kebocoran

Tanjung Selor, Bertempat di Lapangan Tennis Kodim 0903/Tsr, Prajurit Kodim 0903/Tanjung Selor (Tsr) dan PNS menerima sosialisasi tentang pemasangan regulator dan penanganan bahaya kebocoran pada selang tabung gas elpiji dari personel Koperasi Pertamina (Kopana) Tanjung Selor Bulungan, Jumat (13/07/2018).

Pengenalan jenis-jenis regulator juga diberikan materi bagaimana cara mengenali tabung gas yang resmi dari Pertamina. Pada tabung harus tertera logo Pertamina yaitu mirip huruf P didepan atas tabung. Pada tabung tercantum tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa.

Selain pengenalan Petugas dari Kopana mendemonstrasikan secara langsung tentang cara pemasangan regulator tabung gas yang benar.

Ada dua jenis regulator yang dipraktekkan yaitu, pertama regulator biasa yang digunakan masyarakat pada umumnya, kedua regulator otomatis yang dipromosikan Pertamina saat ini.

Penyuluhan ini bertujuan agar para personel Kodim 0903/Tsr dan keluarga mendapatkan gambaran secara jelas tentang faktor keamanan dalam penggunaan Tabung Gas Elpiji keperluan rumah tangga.

Dengan mempraktekan tentang penggunaan regulator buatan dari Pertamina, disampaikan cara pemasangan regulator yang benar. “Pasanglah regulator gas ke tabung elpiji dengan cara menekan bagian tengah regulator dengan tangan kiri sementara tangan kanan mengaktifkan knop regulator dengan cara memutarnya ke bawah berlawanan jarum jam. Tekan tombol kuningan otomotif dan pastikan jarum meter pengukur tekanan bergerak kearah kanan. Jika bergerak berarti pemasangan telah dilakukan dengan sempurna”.

Kegitan ini juga diajarkan cara mengatasi atau memadamkan kebakaran pada tabung elpiji, “Jangan panik apabila mendapati gas di dapur mengalami kebocoran dan jangan pula berlari atau menyiram air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor, Anda cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung LPG, maka api akan mati dengan sendirinya”, kata Bapak Arif Tirtana.