Home / Buletin Militer / Ratusan Pelajar SMA Negeri 4 Berau Dibekali Wawasan Kebangsaan Oleh Kodim 0902/TRD

Ratusan Pelajar SMA Negeri 4 Berau Dibekali Wawasan Kebangsaan Oleh Kodim 0902/TRD

BERAU- Ratusan siswa-siswi SMA Negeri 4 Berau yang ada di Kecamatan Sambaliung mendapat pembekalan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara oleh Dandim 0902/TRD, sekitar pukul 08.30 Wita pagi tadi, Rabu (18/7/2018).

Dandim 0902/TRD, Letkol CPN Rony Nuswantoro menyampaikan terkait pentingnya menjaga energi yang ada dilingkungan sekitar baik saat ini maupun kedepan nantinya. Selain itu terkait jatidiri dan kebanggaan bertanah air Indonesia.

“Banyak negara-negara lain mulai menyerang para generasi muda Indonesia diantaranya melalui narkoba, budaya korupsi, ras dan sebagainya. Agar Indonesia tidak memiliki generasi penerus yang berkualitas di masa depan,” ungkapnya.

Pendidikan wawasan kebangsaan ini sangat penting karena materi yang disampaikan juga mengikuti era yang sedang berkembang baik itu potensi negara Indonesia hingga berbagai bentuk ancaman yang dihadapi.

Tak hanya itu, para siswa juga dijelaskan tentang empat konsensus dasar negara yang dulunya disebut empat pilar kebangsaan sebagai landasan dalam membangun bangsa dan negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Sebagai warga negara semua memiliki hak dan kewajiban untuk membela negara,” lanjutnya.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan tentang beberapa ancaman yang sedang dihadapi bangsa diantaranya Narkoba Isme/Faham Ideologi Lain yang tidak sesuai dengan pancasila dan Pengaruh Negatif lainnya yang setiap saat mengancam bangsa dan negara.

Dandim berharap, agar para siswa betul-betul memanfaatkan waktu untuk belajar sehingga kedepan dapat menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Dandim 0902/TRD juga memberikan. Cinderamata kepada sekolah berupa buku, diharapkan cendramata tersebut bisa beguna bagi siswa-siswi SMA Negeri 4 Berau.

(Sumber Kodim 0902 Trd)