Home / Buletin Militer / Pencegahan Peredaran Narkoba, Kodim 0913/PPU Gelar Sidak Test Urine

Pencegahan Peredaran Narkoba, Kodim 0913/PPU Gelar Sidak Test Urine

Penajam – Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI, Kodim 0913/PPU  dan jajarannya melakukan tes urine terhadap anggota Kodim dan jajaran di Makodim 0913/PPU, Jl. Provinsi  Km. 9, Kelurahan Nipah Nipah,  Kecamatan Penajam  Kabupaten Penajam Paser Utara Kaltim, Senin (06/8/2018).

Kegiatan tes urine dimulai setelah selesai upacara bendera awal bulan Agustus 2018 oleh anggota Staf Intel, kemudian personel dipanggil perkelompok terdiri dari 10 orang, selanjutnya menuju ke kamar mandi dan diawasi oleh petugas. Setelah kegiatan pengambilan urine selesai selanjutnya dilakukan pemeriksaan dengan alat tespack yang sudah disiapkan.

Pasi Intel Kodim 0913/ PPU ,Kapten Cpl Reinhard Sihotang menyatakan, bahwa tes urine ini merupakan bagian dari program Kodim 0913/ PPU dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan III TA. 2018.

“Tes urine ini dilakukan secara mendadak (tiba-tiba) terhadap seluruh anggota Kodim 0913/ PPU dan jajarannya, bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota yang terlibat narkoba,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan tes urine tersebut merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas narkoba di tubuh TNI khususnya di Kodim 0913/ PPU.

“Kami melakukan pemeriksaan urin dilakukan setiap 3 bulan sekali, dan itu perintah langsung dari komando atas yang bertujuan mengecek anggota apakah ada yang terlibat di dalam narkoba, ini wajib kami lakukan sudah berkali-kali dilaksanakan tidak ada yang terlibat,” ucap Dandim 0913/ PPU,  Letkol Inf Mahmud.

Disamping itu, dia juga menghimbau kepada anggota tidak boleh berdekatan dengan siapapun juga. “Hati-hati juga bergaul jangan karna hanya nafsu kita terjerumus. Peraturan sudah jelas, pengedar atau pemakai bisa kena sanksi atau dipecat,” pungkasnya.

Dalam pemeriksaan urin tersebut sebanyak 70 orang TNI dan PNS Kodim diperiksa secara acak setelah kegiatan upacara. Kegiatan ini adalah  Staf Intel  Sementara sejauh ini dari personel yang diperiksa urinnya diperoleh hasil negatif.

Sumber Dim 0913 Ppu