Home / Buletin Persit / Murid TK Kartika V-11 Air Putih Korem 091/ASN Dikenalkan Praktek Manasik Haji

Murid TK Kartika V-11 Air Putih Korem 091/ASN Dikenalkan Praktek Manasik Haji

SAMARINDA.  Suasana di Masjid Baitul Muttaqien, Islamic Center terlihat berbeda, sejak pagi, ribuan bocah dari puluhan Taman Kanak-kanak (TK) se- Samarinda memadati rumah ibadah termegah di Kaltim itu, mereka menggelar rangkaian latihan manasik haji.

Termasuk Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika V-11/Air Putih yang bernaung dibawah asuhan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Cabang 5 Daerah Mulawarman mengikuti kegiatan praktek Manasik Haji yang di pusatkan di Mesjid Baitul Muttaqiem Samarinda Kaltim, Kamis (9/8/2018) pagi.


Kegiatan ini diawali dengan latihan melemparkan kerilik kecil ke sebuah tugu di tengah lingkaran atau yang dikenal dengan istilah melempar jumrah. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tawaf alias mengelilingi miniatur kabah yang dibangun di tengah pelataran masjid tersebut. Rangkaian latihan itu diakhiri dengan salat sunah hingga mendengarkan tausiyah.

Kepala Sekolah TK Kartika V-11 Air Putih, Siti Aminah,  mengatakan “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, anak-anak minimal tahu apa yang dimaksud dengan berhaji dan mudah-mudahan ke depan mereka bisa melaksanakan ibadah ini,”

“Kegiatan ini sangat baik dilakukan di Usia Dini, dengan harapan selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan cara mengenalkan ibadah rukun Islam yang Kelima, selain itu dapat membentuk karakter anak agar lebih santun, penyabar dan agamis, khususnya anak-anak murid TK Kartika V-11 Air Putih.

Bukan hanya mengajarkan atau memperkenalkan metode tentang Ilmu pengetahuan umum, bermain sambil belajar semata, akan tetapi berimbang perkenalan ilmu agama tetap beriringan yaitu memberikan pemahaman sifat religius islami kepada anak, diantaranya mengajarkan sholat, tata cara melaksanakan Ibadah Haji, dan kegiatan Agama lainnya, sebagai salah satu pendidikan revolusi mental, tuturnya.

Bu Sri Endarti, salah seorang wali murid TK Kartika V-11 Air Putih, Milono merasa senang anaknya ikut dalam kegiatan tersebut. Selain bisa bercengkrama dengan rekan-rekan sebayanya dari sekolah lain, anaknya juga mengerti mengenai rangkaian melaksanakan ibadah haji.

“Karena menemani anak, secara tidak langsung saya juga belajar mengenai apa saja yang dilaksanakan selama melaksanakan ibadah haji. Semoga ke depan bukan hanya latihan, tapi bisa benar-benar ke Tanah Suci melaksanakan rukun Islam yang ke lima ini,” kata wanita yang akbra disapa Sri ini.

Sumber Penrem 091/ASN