Home / Buletin Militer / Kodim 0913/PPU Beri Pelatihan Dasar Kepimpinan dan Bela Negara Kepada Mahasiswa

Kodim 0913/PPU Beri Pelatihan Dasar Kepimpinan dan Bela Negara Kepada Mahasiswa

Penajam – Kodim 0913 PPU melakukan kerjasama dengan Universitas STMIK Borneo Internasional Balikpapan  dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan dan Bela Negara mahasiswa baru” ,STMIK Borneo Internasional Balikpapan. dengan Tema, “Membangun Karakter Kepribadian untuk menjadi Pemimpin yang Cerdas” yang berlangsung di Aula Makodim 0913/PPU, Jalan Provinsi Km. 9, Kelurahan Nipah Nipah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara Kaltim,  Sabtu,  (11/8/2018).

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Bela Negara  yang  bertujuan agar para Mahasiswa sebagai bagian dari komponen bangsa  memiliki disipilin, bertanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia.

Pelatihan Dasar Kepemimpinan dan Bela Negara diisi dengan materi antara lain wawasan kebangsaan, Bela Negara, kepemimpinan, Binter TNI AD dan peran Mahasiswa.

Dandim 0913/PPU juga berkesempatan memberikan materi kepada mahasiswa STMIK tentang Kepemimpinan dan Bela Negara disampaikan oleh Komandan Kodim 0913/Penajam Paser Utara.

Selain itu, dalam rangka membangun kebersamaan dan kedisiplinan para mahasiswa juga diberikan materi tentang Latihan Dasar Kepemimpinan dan Bela Negara.

Adapun sasaran  Latihan Dasar Kepemimpinan dan Bela Negara. yang diikuti oleh 75 Mahasiswa STMIK ini dalam rangka membentuk karakter/mental, dengan tujuan secara psikis yaitu menumbuhkan sikap mental yang cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disipilin, bertanggung jawab, dan tahan uji.

Sedangkan sasaran fisiknya adalah membentuk sikap dan prilaku antara lain : menghargai nila-nilai kesehatan dan memiliki fisik yang kuat, tangkas, terampil sehingga memilki kepercayaan diri serta dalam rangka mengenalkan TNI AD dan Pemberdayaan wilayah pertahanaan darat melalui Pembinaan Teritorial sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang.

Turut hadir pada kegiatan pelatihan  Dasar Kepimpinan dan Bela Negara bagi Mahasiswa baru STMIK antara lain  Dandim 0913/PPU  Letkol Inf Mahmud, Pasi Ter Dim 0913/PPU, Lettu Inf Moh Sujono, dan pendukung dari Kodim 0913/PPU 7 orang, maupun Dosen  dan pendukung 8 orang, dan 75 mahasiswa Universitas STMIK Borneo Internasional Balikpapan.

Sumber Penrem 091/ASN