Home / Buletin Persit / Danrem : Kita Tidak Memaksakan Anak Menjadi Orang Lain, Jadikan Mereka Menjadi Dirinya Sendiri

Danrem : Kita Tidak Memaksakan Anak Menjadi Orang Lain, Jadikan Mereka Menjadi Dirinya Sendiri

SAMARINDA. Pengetahuan di bidang Psikologi sangat penting, karena di era saat ini masih sangat banyak yang salah dalam mendidik anak. Berbekal pengetahuan yang dimiliki para orang tua dapat memberikan perhatian, bimbingan serta arahan kepada anak-anak agar menjadi anak yang berguna bagi keluarga dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos dalam amanatnya yang dibacakan Perwira Hukum Mayor Chk Andi Aspan, di aulaWira Yudha Korem 091/ASN Jl. Gajah Mada No 11 Samarinda Kaltim Rabu (15/8/2018).

 

Dikatakan juga oleh Danrem “Kegiatan penyuluhan Psikologi ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada ibu-ibu dalam membina keluarga, apalagi di tengah perkembangan arus transformasi global yang kian pesat, yang dapat membawa pengaruh yang bersifat positif dan negatif.  Dalam hal ini para ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga, terutama dalam mengasuh anak. Dengan demikian diharapkan ibu-ibu memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dalam keluarga, bagaimana cara mendidik dan mendisiplinkan anak dengan baik tanpa harus memarahi yang berujung kekerasan”.

 

Selain itu Danrem berharap “Saya harapkan dengan pengetahuan Psikologi yang akan diberikan, kita tidak memaksakan anak menjadi orang lain, jadikan mereka menjadi dirinya sendiri. Anak harus didorong menemukan dirinya sendiri. Orang tua tetap mendorong dan mengarahkan hal-hal yang bersifat normatif dan teologis sebagai dasar tingkah laku”.

Suatu keharusan bagi orang tua untuk dapat mendengarkan masalah dan menjadi tempat curahan hati bagi buah hatinya. Anak dapat berkonsultasi pada orang tua mengenai jurusan atau bidang apa yang akan diambil, meskipun orang tua bersifat menganjurkan dengan tidak memaksakan kehendaknya.

Kegiatan Penyuluhan Psikologi ini diikuti ratusan ibu-ibu Persit  Kartika Chandra Kiranan Koorcab Rem 091 PD VI Mulawarman. Sementara itu, Ketua Tim Kepala Seksi Pengkajian Masalah psikologi Bagian pencegahan (Kasijianmaspsi Bagcegah Lawatpsi) Mayor Inf Agus Purwanto.S.Psi menyampaikan Peran orang tua sangat besar dalam mengarahkan putra-putrinya sesuai minat bakat yang menjadi keinginan mereka dan harus dilakukan secara sangat bijak.

“Bila minat dan bakat digabungkan, akan menjadi hal yang sangat bagus dan positif dalam menunjang pendidikan dan cita-cita anak,” bagi orang tua, sudah seharusnya mendengarkan masalah ataupun menjadi tempat curahan hati bagi buah hatinya. Anak boleh saja berkonsultasi pada orang tua mengenai jurusan apa yang akan diambil, namun orang tua bersifat menganjurkan dan tidak boleh memaksakan kehendaknya.

Jadi motivasi belajar dan prestasi bisa tercapai oleh anak, bila minat bakat dan pemilihan jurusan pada anak tepat dan sesuai dengan pilihannya.

Usai pemberian materi juga dibuka sesi Tanya jawab oleh ketua Tim Kasijianmaspsi dengan ibu-ibu Persit  Kartika Chandra Kiranan Koorcab Rem 091 PD VI Mulawarman.

Sumber Penrem 091/ASN