Home / Buletin Militer / Atasi Bencana Kodim PPU Gelar Latihan Posko

Atasi Bencana Kodim PPU Gelar Latihan Posko

SAMARINDA. Plt. Komandan Korem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy membuka Latihan Posko I Waspada LX Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) TA. 2018, Rabu, (29/8/2018).

Acara pembukaan latihan ini dihadiri oleh Dandim 0913/PPU, Letkol  Inf Mahmud, para Pasi Kodim, dan Danramil serta seluruh peserta latihan. Latihan Posko I Waspada LX Kodim  0913/PPU Tahun 2018 ini merupakan sarana untuk menguji dan mengukur kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan dan mengendalikan suatu operasi yang terlihat dalam Prosedur Hubungan Komandan dan Staf.

Kegiatan latihan ini bertemakan “Kodim melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya Bencana Kebakaran Lahan/Hutan di Wilayah”. Latihan Posko  I Kodim 0913/PPU dilaksanakan  selama tiga hari.

Plt. Danrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy menuturkan “Latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut serta  senantiasa di Olahyudhakan dengan  adanya suatu kejadian bencana yang diperanggapkan, sehingga latihan benar-benar realistis dan dapat memberikan suatu gambaran utuh dan komplek sesuai dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis.  Pada gilirannya dalam aplikasi sesungguhnya, seluruh prajurit Kodim 0913/PPU akan mampu  bertindak tenang, terkonsep, tepat dan tuntas serta bersinergi dalam mengatasi bencana yang timbul di wilayah tugasnya.

“Latihan Posko-I Kodim 0913/PPU ini sebagaimana yang telah dilakukan di satuan lain merupakan suatu bentuk latihan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan kegiatan yang telah dipelajari atau dilatihkan sebelumnya, dengan tujuan kemampuan yang harus dicapai pada tingkat menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur kerja antara Komandan dan Staf di satuan Kodim 0913/PPU mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan  pengendalian  suatu  operasi sampai dengan tahap evaluasi”,jelasnya.

Sumber : Penrem 091 ASN