Home / Buletin Militer / Peringati HUT TNI, Kodim 0909 Kutim Gelar Lomba Melukis Tangkal Radikalisme

Peringati HUT TNI, Kodim 0909 Kutim Gelar Lomba Melukis Tangkal Radikalisme

KUTAI TIMUR – 30 Peserta dari seluruh SMP dan SMA di Kutai Timur (Kutim) mengikuti lomba lukis dalam rangka komunikasi sosial kreatif yang diadakan oleh Kodim 0909 Sangatta dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73,  Kamis (6/9/2018).

Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha menuturkan, bahwa selain Kodim 0909 sangatta, 11 Kodim lainnya di Kalimantan Timur dan beberapa Kodim di Kalimantan Selatan juga mengadakan acara yang serupa

“Tidak hanya disini, seluruh Kodim di Kaltim dan beberapa di Kalsel juga melaksanakan, nantinya yang terbaik akan dilombakan di tingkat Korem dan Kodam,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya kegiatan ini dilakukan rutin dilakukan 3 bulan sekali di Kodim namun dengan tema yang berbeda dalam setiap event pelaksanaannya. Pada agenda Komunikasi Sosial Kreatif kali ini dengan Lomba Lukis dimaksudkan selain melatih kreatifitas para pemuda sekaligus melatih keberanian untuk mengungkapkan sekaligus menampilkan ide ide kreatif yang dimiliki oleh para pemuda.

“Ini adalah sebagai salah satu bentuk pendekatan TNI kepada masyarakat,menuju Kemanunggalan TNI dan masyarakat Karena TNI ada untuk masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu juri lomba yang merupakan praktisi seni rupa Kutim dan tergabung dalam komunitas seni rupa sangatta, Dharmawan Budi utomo dan Widi atmoko menuturkan apresiasinya terhadap event yang digelar Kodim 0909 ini. Karena dengan event ini Kodim telah berpartisipasi dalam rangka mencari bibit muda seniman di Kutim, yang menurutnya sangat minim.

Selain itu dia menambahkan “Aspek penilaian lomba lukis kali ini selain dari originalitas ide, konsep karya, kesesuaian tema, pengelolaan elemen visual dan unsur unsur lain dalam melukis,” terangnya.

Sumber  : Dim 0909 Sgt