KODIM JAJARAN KOREM 091/ASN ADAKAN SERBUAN TERITORIAL, WARGA SERAHKAN RATUSAN SENJATA API RAKITAN

Print

SAMARINDA – Ratusan senjata api rakitan tersebut hasil dari serbuan territorial atau pembinaan teritorial anggota TNI kepada masyarakat di wilayah Kaltim - Kaltara, Sehingga dengan sukarela dan kesadaran penuh masyarakat menyerahkan senjata rakitan tersebut  kepada TNI yang berada di Kodim-Kodim Jajaran Korem 091/ASN, penyampaian Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar S,AP., M.M. usai menjadi pembicara dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di aula Korem 091/ASN, bersama tokoh masyarakat, sekitar pukul 08.00 wita tadi pagi, Jumat (5/5/2017),

 

Senjata api rakitan yang diserahkan masyarakat yakni, laras panjang (penabur dan laras tunggal) sebanyak 164, pistol ( laras pendek) sebanyak 16, 1 buah busur panah, 10 anak panah, 1 tombak, 136 amunisi penabur dan 11 bom babi.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar, S,AP., M.M. menyampaikan bahwa ini tugas pokok TNI salah satunya adalah serbuan Teritorial yaitu melakukan pendekatan secara persuasif serta memberikan kesadaran kepada masyarakat perihal kepemilikan senjata api illegal agar diserahkan kepada aparat yang berwenang.

Tujuan kami untuk meminimalisir tindakan-tindakan kriminal yang bisa saja terjadi di tengah-tengah masyarakat dan hal ini merupakan upaya membantu Kepolisian dalam menjaga kamtibmas.

Kendati senjata tersebut merupakan hasil rakitan warga, namun sangat berbahaya jika disalahgunakan. Pasalnya peluru yang digunakan, yakni peluru tajam. Walaupun warga menggunakan senjata tersebut untuk berburu dan juga mengusir hama.

"Sangat berbahaya dan mematikan. Jadi sebagai antisipasi jatuhnya korban jiwa, dan disalahgunakan, kita lakukan pendekatan, memberikan pemahaman kepada warga tentang kepemilikan senjata sesuai dengan UU. Karena tidak sembarang orang bisa memiliki senjata api," ungkapnya.

Sementara itu, banyak senjata api rakitan itu, berasal dari daerah perbatasan RI-Malaysia dan bahan baku pembuatan senjata termasuk peluru berasal dari Malaysia.

"Banyak yang dari daerah perbatasan, dan senjata yang hari ini kami serahkan, tidak termasuk dari dua batalyon yang bertugas di perbatasan," katanya.

Kegiatan ini hadiri oleh Wakapolresta Samarinda, AKBP Vendra Riviyanto.Pembina FKDM Bapak Yos Soetomo, Tokoh Masyarakat Kaltim H. Asmuni Ali, Oktovianus Daud dan Tokoh Agama Kaltim H. Qotob  beserta Awak Media cetak dan elektronik.

(Penrem 091/ASN).

Translate

Saat ini

August

22

Tuesday

Pencarian

Visitors

TodayToday494
YesterdayYesterday445
This_WeekThis_Week635
This MonthThis Month16322
TotalTotal499260
Your IP 54.158.245.157
US

Online

We have 35 guests and no members online