"OM SEMPROT APINYA OM" SISWA TK KARTIKA V-11 AIR PUTIH KUNJUNGI DAMKAR

Print

 

SAMARINDA - Sejak usia dini anak-anak perlu dikenalkan dengan berbagai profesi yang berhubungan dengan tugas-tugas sosial, kemanusiaan dan pelayanan publik. Harapannya, dalam diri anak-anak akan tumbuh penghargaan terhadap profesi-profesi mulia tersebut. Pada akhirnya kelak di kemudian hari mereka akan berlaku kooperatif dan suportif apabila bersinggungan dengan setiap pelaksanaan tugas yang terkait dengan profesi tersebut.

 

Pemadam kebakaran merupakan salah satu profesi mulia yang bergelut dengan tugas-tugas kemanusiaan. Tidak seorangpun yang bercita-cita ingin didatangi petugas Damkar. Namun bilamana terjadi kebakaran, kehadirannya selalu dinanti-nanti oleh masyarakat dan orang yang tertimpa musibah. Hal ini membuat suasana markas pemadam kebakaran (damkar) yang berada di Samarinda Utara Jl. P. M Noor mendadak riuh pada Senin (20/2/2017) pagi. Bukan karena mendapat laporan kejadian kebakaran besar, tapi kantor itu sedang mendapat kunjungan dari siswa Taman Kanak-kanak Kartika V-11 Air Putih.

 

Tidak hanya sambutan yang ramah dari para petugas Damkar, anak-anak juga berkesempatan menonton demonstrasi dan pengenalan alat-alat yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran seperti helm, nozzle, smash, tabung pemadam api kecil, selang, sepatu boot anti api dan baju anti api.

Dengan gembira anak-anak mencoba untuk memegang dan menggunakan alat-alat tersebut dengan bantuan petugas. Dari semua alat yang diperagakan, yang paling menarik perhatian anak-anak adalah mobil pemadam kebakaran itu sendiri yang dirancang unik karena memiliki sirine, pintu khusus petugas, tangga tempel, pompa dan penampung air, keran-keran penyemprot, dan tombol-tombol khusus yang tidak dimiliki oleh mobil lain. "Semprot apinya om, semprot," teriak para siswa saat petugas damkar melakukan simulasi pemadaman. Mendengar teriakan itu, petugas pun makin bersemangat menularkan ilmu.

 "Ayo, siapa yang berani mencoba menyemprot, pegang selangnya ya…," kata petugas kepada siswa. Mendapat tawaran itu, siswa langsung saling berebut untuk menjajal menjadi petugas damkar. (Perem 091/ASN).

 

Translate

Saat ini

August

19

Saturday

Pencarian

Visitors

TodayToday412
YesterdayYesterday744
This_WeekThis_Week4515
This MonthThis Month15088
TotalTotal498026
Your IP 54.158.253.134
US

Online

We have 51 guests and no members online