Home / Buletin Militer / RATUSAN PERSONIL GABUNGAN PADAMKAN HUTAN DAN LAHAN DESA PURWAJAYA

RATUSAN PERSONIL GABUNGAN PADAMKAN HUTAN DAN LAHAN DESA PURWAJAYA

SAMARINDA. Kobaran api melahap puluhan hektar hutan dan lahan di desa Purwajaya dusun Jatah termasuk lahan pertanian. Angin kencang membuat penyebaran api cepat meluas, bahkan hingga ke daerah permukiman warga setempat.

Akibat kebakaran tersebut membuat ratusan kepala keluarga mengungsi ke tempat aman yang sudah disiapkan. Sedangkan untuk korban yang mengalami kecelakaan atas nama Ernawati 30 tahun mengalami luka bakar, kaki kiri patah dan Sutrisno 28 tahun mengalami luka bakar kaki kanan. Sedangkan korban luka-luka di evakuasi ke rumah sakit terdekat.

Sebanyak 450 personel gabungan dari Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kepolisian, Basarnas, Tagana, PMI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan masyarakat, dari berbagai satuan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang ada di desa Purwajaya dusun Margamulya, Selasa (5/12/2017).

Penyebab kebakaran yang terjadi dikarenakan adanya unsur kesengajaan atau ulah dari warga yang tidak bertanggung jawab yang sengaja membakar lahan untuk membuka lokasi perkebunan.

Sedangkan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menetapkan status siaga satu kebakaran hutan dan lahan yang berlaku sampaikan satu bulan ke depan. Status ini ditetapkan karena titik api (hotspot) di Kabupaten ini terus meningkat.

Mengingat status ini, Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi perhatian serius pemerintah. Berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan lebih diintensifkan.

Seperti diketahui hingga saat ini Kukar masih ditemukan banyak titik panas, kondisi ini sangat dikhawatirkan api membesar dan menyebabkan asap sehingga mengganggu permukiman tersebut.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos mengatakan bahwa kegiatan Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kutai Kartanegara ini adalah simulasi Latihan Korem 091/ASN demi menunjang kesiapsiagaan para personel bila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sesungguhnya.

“Sehingga bisa terlaksana suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu,” ujar Danrem.

Sebelumnya, Korem 091/ASN juga pernah menggelar Latihan Posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bertempat di aula Wira Yudha Korem 091/ASN Jalan Gajah Mada, Nomor 11, Samarinda, pada 26 Oktober 2017 lalu.

%d blogger menyukai ini: